Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Disparbud Dorong Travel Umrah Ekspansi Wisata Lokal

20 September 2019, 16: 46: 55 WIB | editor : Wijayanto

SIBUK: Petugas travel sedang mendata konsumennya saat pameran.

SIBUK: Petugas travel sedang mendata konsumennya saat pameran. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Gresik berencana mendata ulang jumlah travel yang berdiri di kota Gresik. Selain bertujuan untuk mendukung sektor pariwisata, juga mengetahui jumlah travel yang sudah mengantongi izin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Gresik, Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, sebelumnya Disparbud jarang melakukan pembinaan terhadap penyelenggara travel di Gresik. Promosi pun terkesan berjalan sendiri.

“Padahal, di Gresik banyak potensi wisata. Ini bukan tugas pemerintah saja, melainkan operator travel,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini data pelaku usaha travel yang tercatat di Disparbud mencapai 200 usaha. Diprediksi, jumlahnya lebih banyak ketimbang data yang dimiliki. Pihaknya, melakukan pendataan ulang travel di Gresik.  “Pemkab memiliki database valid mengenai data jumlah travel. Kemudian, kami akan melakukan pembinaan,” imbuhnya.

Diharapkan, travel yang bergerak dibidang penyelenggara ibadah umrah juga bisa menjual paket wisata lokal. Seperti ziarah wali maupun wisata ke pulau Bawean. “Saya berharap nantinya potensi wisata alam maupun wisata religi Gresik juga bisa dipromosikan travel sehingga membantu tugas pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jawa Timur, Arifudinsyah mengatakan, pelaku usaha travel memiliki tugas penting dalam mempromosikan wisata di daerahnya. “Tidak hanya sekedar jual paket wisata, melainkan juga harus berkontribusi aktif dalam memajukan pariwisata lokal,” katanya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia