Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tiga Kodim di Surabaya Resmi Jadi Tipe A

20 September 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

RESMI: Penandatanganan kenaikan status tiga Komando Daerah Distrik Militer (Kodim) di Surabaya.

RESMI: Penandatanganan kenaikan status tiga Komando Daerah Distrik Militer (Kodim) di Surabaya. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Tiga Komando Distrik Militer (Kodim) di Surabaya yang semula berstatus sebagai Kodim Tipe B kini resmi beralih status menjadi Kodim Tipe A, Kamis (19/9). Tiga Kodim itu meliputi; Kodim 0830/Surabaya Utara, Kodim 0831/Surabaya Timur, dan Kodim 0832/Surabaya Selatan. Dengan menjadi tipe A ini selanjutnya ketiga Kodim ini dipimpin oleh perwira menengah berpangkat Kolonel.

Peresmian peralihan status tersebut dilangsungkan secara simbolis dengan menggelar upacara dan penandatangan surat keputusan (SK) di Makorem 084 Bhaskara Jaya.  Dalam prosesi penandatanganan tersebut disaksikan Komandan masing-masing Kodim. Yakni, Dandim Surabaya Utara Kolonel Arh Putut Witjaksono Hadi, Dandim Surabaya Timur Kolonel Arm Muhammad Haidir, dam Dandim Surabaya Selatan Kolonel Inf Moch Samsul Arief.

Peresmian itu dipimpin langsung oleh Komandan Resort Militer 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Sudaryanto. Disaksikan pula oleh seluruh jajaran Korem Bhaskara Jaya, dan tamu undangan dari Forkopimda Kota Surabaya.

Tampak juga Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho hadir dalam acara tersebut.

Kolonel Inf Sudaryanto menuturkan, peralihan status itu menjadi satu di antara upaya pengembangan organisasi di tubuh TNI AD.

"Karena kami dihadapkan dengan tugas pokok TNI Angkatan Darat ini dan dihadapkan dengan hakekat ancaman.  Agar lebih efektif dan efisien menjalankan tugasnya, termasuk mampu menjalankan fungsi pembinaan satuan," Kata Sudaryanto. 

Peresmian tersebut, ungkap Sudaryanto, selaras dengan upaya TNI AD yang saat ini berfokus pada persebaran pasukan di Indonesia. "Sekarang juga kan TNI sedang menata gelar pasukan di wilayah Indonesia," ujarnya.

Perihal tugas pokok dan fungsi tiga Kodim seusai dialih status, Sudaryanto menegaskan, mekanisme tugas Kodim di wilayahnya masing-masing tetap sama. "Kalau untuk mekanisme kerja itu sama dengan yang sebelumnya hanya saja di sini hanya statusnya saja kami tingkatkan sebagaimana yang saya sampaikan," jelasnya. Namun demikan dalam waktu dekat ini, pihaknya juga belum melakukan penambahan jumlah personel.

"Untuk sementara tidak ada penambahan personel jumlahnya masih sama dengan yang sebelumnya. Intinya kami menyesuaikan dengan perkembangan organisasi tersebut semua menyesuaikan," pungkasnya.(gin/rak)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia