Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Tingkatkan Daya Saing, Diskoperindag Minta UMKM Perbaiki Kemasan

18 September 2019, 15: 59: 29 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik berupaya meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya dengan sering memberikan pelatihan. Terbaru, mereka memberikan pelatihan terkait pemilihan kemasan prodak agar menarik minat konsumen.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik Agus Budiono mengatakan UMKM memang harus terus didampingi. Sehingga, mereka bisa memiliki daya saing untuk meningkatkan penjualan. “Pelatihan dan pembinaan seperti ini memang sering kami lakukan. Ini bentuk pendampingan kami kepada UMKM,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya masih berusaha membuat produk UMKM bisa berdaya saing di pasar. Makanya, pihaknya mengajarkan bagaimana cara pemilihan kemasan yang baik. “Kemasan sangat penting. Karena dengan kemasan yang baik maka bisa menarik minat para pembeli,” terangnya.

Misalnya saja, untuk produk olahan sambal. Siapa yang menyangka saat ini produk sambal bisa dijual secara kemasan dan memiliki ketahanan waktu yang cukup lama. “Saya kira ini bisa menjadi pembelajaran bagi UMKM di Gresik. Bagaimana produk yang mereka hasilkan benar-benar memiliki daya saing,” ungkap dia.

Pada kegiatan pembinaan yang diikuti lebih dari 30 pelaku UMKM, pihaknya menghadirkan sejumlah pakar. “Paling tidak, ada ilmu baru yang mereka dapat dan bisa diterapkan untuk pengembangan usaha yang mereka jalani,” imbuhnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia