Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Dalam Rangka Peringatan HUT Prov Jatim Ke-74

Dinkes Jatim Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSU M. Noer

16 September 2019, 05: 24: 53 WIB | editor : Wijayanto

AKSI SOSIAL: Operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis di RSU M Noer Pamekasan hasil kerja sama Dinkes Jatim dan FK UMM.

AKSI SOSIAL: Operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis di RSU M Noer Pamekasan hasil kerja sama Dinkes Jatim dan FK UMM. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur melakukan kegiatan operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis di Rumah Sakit Muhammad Noer Pamekasan, Sabtu (14/9). Sebanyak 18 peserta menjalani operasi dari target peserta sebanyak 20 orang. Operasi bibir sumbing gratis ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Timur yang ke-74. 

Direktur Utama RSU M. Noer, dr. Nono Ifantono menyampaikan, 18 pasien yang menjalani operasi berasal dari tiga kabupaten. Yakni Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Operasi ini diharapkan dapat menyempurnakan fungsi bicara agar pengucapan lebih jelas dan tentu saja untuk nilai estetis atau kecantikan atau mengembalikan kesempurnaan anatomi. "Biasanya kalau ada kelainan kan bicaranya sedikit sengau," ujarnya. 

Operasi bibir sumbing paling baik dilakukan pada usia di bawah satu tahun di atas empat bulan. Di masa ini, fungsi bicara dapat dikembalikan dengan sempurna. Jika dilakukan di atas ini, maka fungsi kecantikan atau estetis saja yang bisa diperbaiki. 

ESTETIKA: Tim dokter dari CLP FK UMM melakukan operasi bimbing sumbing dan langit-langit pada pasien.

ESTETIKA: Tim dokter dari CLP FK UMM melakukan operasi bimbing sumbing dan langit-langit pada pasien. (ISTIMEWA)

Dari 18 pasien, rata-rata adalah pasien dengan usia di bawah sepuluh tahun. Dengan usia terendah empat bulan dan ada tiga orang yang dioperasi di usia dua puluh tahun. Sebelumnya, pasien-pasien ini mendaftarkan diri ke Dinas Kesehatan kabupaten dengan menyertakan foto terkin untuk mengetahui kondisi pasien. Setelah menjalani operasi, pasien mengikuti screening kedua di RSU pada Jumat yang dilakukan oleh tim dokter. 

Sejak Jumat itu, pasien sudah menjalani rawat inap di RSU M. Noer. Mereka ditanggung biaya akomodasi sebelum, selama dan sesudah operasi. "Operasi ini gratis, tidak peduli peserta BPJS maupun tidak," ujarnya. 

Operasi dilaksanakan atas kerja sama dari RSU M. Noer dengan tim dokter dari Cleft Lips Palate (CLP) Center Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Operasi melibatkan tiga orang dokter spesialis bedah plastik. Sedangkan tim anastesi dan penyakit dalam yang dilibatkan berasal dari Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang. 

Bibir sumbing atau langit-langit terbuka, jelasnya, merupakan kelainan bawaan yang biasanya terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Penyebabnya bisa jadi karena genetik atau keturunan. Bisa juga karena penyakit tertentu pada ibu, atau gizi kurang pada ibu hamil yang menyebabkan kegagalan pembentukan mulut dengan sempurna sehingga terdapat celah di bibir dan langit-langit. (ism/jay)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia