Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

SMK KAL 2 Surabaya Lantik 56 Perwira Muda Transportasi Laut

14 September 2019, 19: 05: 16 WIB | editor : Wijayanto

PROFESIONAL: 56 Perwira Muda Transportasi Laut SMK KAL 2 Surabaya Program Keahlian Pelayaran yang diwisuda, Sabtu (14/9).

PROFESIONAL: 56 Perwira Muda Transportasi Laut SMK KAL 2 Surabaya Program Keahlian Pelayaran yang diwisuda, Sabtu (14/9). (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – SMK KAL 2 Surabaya yang beralamatkan di Jalan Teluk Sampit Nomor 2B, Perak Utara, melantik 56 perwira muda transportasi laut angkatan pertama, Sabtu (14/9). 

Wisuda untuk pertama kalinya ini mengambil tema Mencetak Sumber Daya Unggul Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Marintim Dunia. 

QMR SMK KAL 2 Surabaya, Rini Riandani menyampaikan bahwa untuk menjadi poros marintim dunia, maka diperlukan sumber daya pelaut yang unggul.

BAHAGIA: Ekspresi pelampiasan rasa bahagia perwira.

BAHAGIA: Ekspresi pelampiasan rasa bahagia perwira. (ISTIMEWA)

“Apalagi ada program pembangunan tol laut untuk memudahkan transportasi supaya bisa menjangkau ke seluruh pelosok neger, kami berharap perwira punya sumbangsih terhadap hal tersebut,” ujarnya.

56 perwira muda yang dilantik terdiri dari 30 taruna jurusan nautika dan 26 taruna jurusan teknika.

Layaknya sekolah double track, para perwira mendapat dua ijazah sekaligus. Yakni ijazah dari Dinas Pendidikan sebagai bukti telah menempuh pendidikan selama tiga tahun, dan ijazah laut tingkat IV dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai bukti selama satu tahun praktik laut. 

SMK KAL 2 program keahlian pelayaran telah mendapat persetujuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Para wisudawan berhak memperoleh sebutan sebagai Perwira Muda Transportasi Laut. 

SMK KAL 2 Surabaya termasuk beruntung mendapatkan persetujuan tersebut. Sebab, banyak sekolah pelayaran di Surabaya tidak mendapatkan sertifikat keahlian itu. 

Dengan persetujuan itu pula, banyak perusahaan yang telah bekerja sama dan menerima praktik laut para taruna SMK KAL 2 Surabaya. Seperti PT Dharma Lautan, Berlian Lautan Sejahtera, Gerbang Samudera Sarana, Jembatan Nusantara dan masih banyak lainnya. 

Proses menuju wisuda ini tidaklah mudah. Perwira Muda Transportasi Laut harus mengikuti tiga ujian yakni PRA PRALA , PRALA (TRB), dan PASCA PRALA.

“Banyak taruna kami yang berhasil lulus dalam satu kali tempuh. Kadet atau taruna yang praktik di kapal, sikap dan perilakunya bagus. Layak kita pertahankan supaya bisa terus diterima masyarakat,” kata Kepala Unit Praktik Laut SMK KAL 2 Surabaya, Sriyono.  

Ada beberapa taruna setelah lulus, kembali ke perusahaan tempat mereka praktik. “Mereka telah mengakui keberadaan kami. Harapan kami benar-benar mencetak lulusan sesuai harapan bangsa. Apa yang kita lihat sekarang, bisa memacu adik kelasnya belajar lebih keras lagi,” imbuhnya. 

Harapan besar juga disampaikan oleh Kaprodi Teknik Pelayaran, Karbudi Mana, M. Mar. Eng dan guru jurusan Nautika, R. Danang Sasmita SH., M. Mar agar para perwira diterima masyarakat, punya karir cemerlang dan bisa menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari. (rpp/jay)

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia