Senin, 09 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Herlina Harsono Didorong Maju Pilwali Surabaya 2020

14 September 2019, 13: 23: 39 WIB | editor : Wijayanto

Herlina Harsono

Herlina Harsono (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – Anggota DPRD Kota Surabaya Herlina Harsono Njoto didorong untuk ikut maju calon walikota Surabaya. Politisi Partai Demokrat ini selama ini sudah berhasil menjadi wakil rakyat selama dua periode.

Untuk itu, Herlina dinilai bisa bersaing di ajang Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya 2020. Sekretaris Partai Demokrat Jatim Renville Antonio mengatakan sosok Herlina memang bisa menjadi penerus Wali Kota Surabaya.

“Herlina adalah salah satu anggota parlemen yang berprestasi di DPRD Kota Surabaya. Anggota Fraksi Partai Demokrat itu pernah menjadi Ketua Komisi dan tidak pernah terlibat masalah hukum maupun etik,” ujar pengamat dari Parliament Watch, Umar Sholahudin.

Dosen FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) ini menilai sosok Herlina punya modal politik besar untuk maju pilwali. Menurutnya selain menjadi anggota parlemen dua periode, Harlina dianggap memiliki konstituen dan pemilih loyal. “Ia juga termasuk anggota parlemen yang berprestasi dan bersih,” katanya.

Umar menambahkan Herlina juga punya modal sosial yang besar dalam kontestasi pemilihan kepala daerah. Latar belakang politisi Demokrat itu sebagai etnis Tionghoa dan non muslim bisa mengisi ceruk suara dari kelompok minoritas.

“Simpati kelompok minoritas bisa terbangun pada sosok Herlina. Dengan demikian suara kelompok ini akan solid. Tentunya, meski minoritas tapi bila solid jumlahnya akan menjadi signifikan,” jelasnya.

Lebih lanjut Umar mengatakan secara gender Herlina juga diuntungkan. Apalagi kalau ia bisa meraih simpati pemilih dari kalangan perempuan.  Sebab, jumlah pemilih perempuan ini secara kuantitas lebih tinggi dibandingkan pemilih dari kalangan pria.

“Kalau bisa mengambil simpati gender tentu jumlahnya signifikan. Karena pemilih perempuan dikenal lebih loyal. Apalagi kalau dimaksimalkan dengan menggarap juga suara milenial,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio ketika dihubungi melalui ponselnya membenarkan hal tersebut. Menurutnya Partai Demokrat menyiapkan Herlina sebagai calon wali kota maupun calon wakil wali kota. “Sebagai politisi perempuan, Herlina merupakan sosok yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat,” katanya.

Renvile kemudian membeberkan mekanisme Partai Demokrat dalam Pilkada. Menurutnya, DPD hanya menerima hasil dan melihat survei di media sesuai dengan laporan DPC.

“Jadi, jika itu tidak dilaporkan, maka kita tidak bisa melihat calon itu. Tapi kalau ditanya sosok Herlina, saya kenal dan tahu. Termasuk dapilnya, karena domisilinya sama dengan saya di Surabaya,” pungkasnya. (mus/rud)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia