Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Bantu Korban Laka, Satlantas Polres Gresik Gelar Donor Darah

14 September 2019, 12: 43: 49 WIB | editor : Wijayanto

PEDULI: Anggota Polres Gresik mendonorkan darahnya untuk korban laka yang membutuhkan.

PEDULI: Anggota Polres Gresik mendonorkan darahnya untuk korban laka yang membutuhkan. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK –  Satlantas Polres Gresik terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kemarin, mereka menggelar kegiatan donor darah. Hal ini untuk membantu para korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang membutuhkan bantuan darah.

Dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI), kegiatan donor darah diikuti 250 orang. "Darah ini nantinya untuk korban laka. Dan yang donor anggota Polres Gresik dan Polsek jajaran, TNI serta mengundang Satpol PP dan Dinas Perhubungan Gresik," ujar KBO Satlantas Gresik, Iptu Khoirul Alam.

Sebenarnya jumlah personil yang ingin mendonorkan darahnya sangat banyak. Namun, mereka banyak tidak lolos karena tensi darah tidak memenuhi syarat, belum lagi HB (Hemoglobin) darah kurang mencukupi.

"Kalau tensi darah standart 100 sampai 150 mm Hg, dan hemoglobin untuk pendonor pria 12,5 sampai 17 deciliter dan wanita 12 sampai 16 deciliter," ungkap Ina Rahmah bagian pengambilan darah UTD PMI Gresik.

Tidak hanya itu, pendonor yang sebelumnya usai minum obat juga tidak diperbolehkan berdonor darah. "Kalau minum obat anti biotik minimal tiga hari dan anti nyeri 24 jam sebelumnya," pungkasnya. (yud/rof)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia