Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Agenda PT BNI Cabang Gresik

Menteri BUMN Serahkan KUR Naik Kelas

11 September 2019, 18: 25: 13 WIB | editor : Wijayanto

APRESIASI: Menteri BUMN Rini Soemarno menyerahkan secara simbolis KUR BNI PNM Mekaar Naik kelas kepada nasabah.

APRESIASI: Menteri BUMN Rini Soemarno menyerahkan secara simbolis KUR BNI PNM Mekaar Naik kelas kepada nasabah. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dalam rangkaian kunjungan kerja di PT Barata Indonesia, Menteri BUMN Rini Soemarno beserta Direktur Utama Bank BNI Achmad Baiquni, Pemimpin BNI Wilayah Surabaya Muhammad Jufri dan Kepala Cabang BNI Gresik Faisal Isnaeni berkenan menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) naik kelas.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku bangga bahwa program KUR pemerintah ini bisa diterima masyarakat dengan antusias. Bunga KUR yang cukup murah sangat diminati pelaku usaha kecil terutama yang belum bankable.

“Bunga KUR yang rendah harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung usahanya. Dengan bunga yang rendah tentu saja pendapatan usaha yang dilakukan akan mendapatkan untung besar sehingga mengangkat perekonomian keluarga,” kata Menteri BUMN, Rini Soemarno, di sela-sela penyerahan.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank BNI Achmad Baiquni menjelaskan, pihaknya memfasilitasi nasabah Mekaar yang telah dinyatakan lulus dalam proses pembinaan yang dilakukan oleh Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk mendapatkan akses pembiayaan KUR Mikro BNI.

"Kriteria nasabah Mekaar naik kelas di antaranya menjadi nasabah aktif, tidak pernah mempunyai tunggakan angsuran selama menjadi nasabah, memiliki prospek usaha yang baik dan memerlukan pembiayaan dari perbankan serta mempunyai catatan yang baik," ujarnya.

Oleh sebab itu, Bank BNI memberikan kemudahan syarat bagi nasabah Mekaar naik kelas yang akan mengajukan pembiayaan. Syaratnya cukup direkomendasi oleh PNM, memiliki kegiatan usaha, tidak diminta agunan tambahan, proses cepat dan langsung masuk ke rekening tabungan.

“Sinergi BUMN antara Bank BNI dengan PNM diharapkan dapat menciptakan usaha produktif berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat lain, Kepala Cabang BNI Gresik Faisal Isnaeni menyebutkan, saat ini jumlah nasabah KUR di Gresik mencapai sekitar 6.000 nasabah.

“Sampai dengan September 2019, jumlah KUR yang berhasil kami salurkan mencapai 98 persen atau Rp 120 miliar dari target Rp 135 miliar. Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan,” tuturnya.  (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia