Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Kopi Mawar, Tampilan Unik dan Kaya Antioksidan

11 September 2019, 11: 31: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

BERI EFEK RILEKS: Kiki (kiri) dan Shirly  menikmati minuman kopi rose dengan topping kelopak bunga mawar di salah satu kopi di Royal Plaza Surabaya, S

BERI EFEK RILEKS: Kiki (kiri) dan Shirly menikmati minuman kopi rose dengan topping kelopak bunga mawar di salah satu kopi di Royal Plaza Surabaya, Selasa (10/9). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang sudah tidak asing di Indonesia. Mawar dapat ditemukan di taman, di pekarangan rumah, hingga dijadikan dekorasi berbagai macam acara, termasuk pernikahan. Tapi kali ini, selain mempercantik, bunga bernama latin rossa centifolia ini juga menambah cita rasa baru pada minuman kopi. 

Jika kopi umumnya menggunakan campuran susu, krim atau coklat untuk menciptakan cita rasa khas, salah satu kedai kopi di Royal plaza Surabaya ini memilih bahan tak lazim. Yakni kelopak bunga mawar kering. Owner kedai kopi Edward Anton menuturkan, pemilihan topping kelopak bunga mawar kering dinilai memberikan kesan unik tersendiri. Selain beraroma wangi, mawar juga kaya akan antioksidan. "Manfaat bunga mawar tidak hanya sekadar dilihat kecantikannya saja, tapi terdapat juga manfaat bunga mawar untuk kesehatan," terangnya di Surabaya, Selasa (10/9). 

Menurut Edward, ada cita rasa tersendiri dari kopi rose ini. Terdiri dari campuran dari kopi esspreso, susu UHT, dan sirup bunga mawar. Pihaknya juga khusus menggunakan mawar kecil dan dipilih yang kuncup untuk mempercantik tampilan dan rasa kopi ini. "Karena kalau yang sudah berkelopak mudah hancur," ujarnya.

Selama ini pelanggannya didominasi kaum hawa. Hal ini dikarenakan, selain ada kesan unik pada rasanya, juga memberi efek yang lebih rileks. "Mereka yang lebih menyukai ini. Karena aroma mawar kan harum jadi penikmatnya akan lebih rileks dalam menikmatinya," imbuhnya. 

Selain itu, bunga mawar juga berkasiat dalam membantu penurunan berat badan. Bertindak sebagai afrodisiak alami. Mengurangi stres dan depresi, membantu mengatasi ambeien atau wasir. Sedangkan kandungan zat-zat terkenal sebagai obat jerawat alami dan mencerahkan warna bibir. (cin/nur)

(sb/cin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia