Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Pengiriman Same Day Service Makin Diminati

10 September 2019, 17: 34: 00 WIB | editor : Wijayanto

MENINGKAT: Aktivitas pengiriman dokumen dan paket logistik di kantor Pos Jalan Kebonrojo, Surabaya.

MENINGKAT: Aktivitas pengiriman dokumen dan paket logistik di kantor Pos Jalan Kebonrojo, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Bisnis layanan pengiriman barang dan dokumen dengan menggunakan jasa kurir tampaknya semakin menggeliat. Apalagi didukung oleh berbagai inovasi pengiriman same day service (SDS). Hal ini tampak pada kinerja logistik PT Pos Indonesia (Persero) yang membukukan pendapatan sebanyak Rp 400 miliar pada semester I 2019.

Kepala Kantor Pos Regional 7 Jawa Timur Arifin Muchlas mengungkapkan, di era yang semakin kompetitif ini, pihaknya bakal terus menghadirkan inovasi terbaru, khususnya dalam hal layanan pengiriman barang dan dokumen.

“Bagi para pebisnis daring dan pelaku UMKM, aspek kecepatan, keamanan, dan kepraktisan pengiriman menjadi hal penting. Apalagi kami melihat kalau permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi,” ungkapnya.

Dengan jumlah 1.000 kurir lebih yang ada di wilayah Jatim, tiap tahunnya target Pos Indonesia dipastikan mengalami kenaikan. Selain memperbanyak outlet, kurir juga banyak ditambah melalui perekrutan sistem organik maupun kemitraan. Tercatat dari 1.000 lebih kurir, sebanyak 20 persen kurir di antaranya merupakan kurir organik dan sisanya adalah kemitraan.

“Tahun lalu pendapatan mencapai hingga Rp 600 miliar. Hadirnya pengiriman SDS yang memiliki time limit maksimal 9 jam, kami prediksi bakal menaikkan pendapatan,” ujar Arifin.

Di samping time limit maksimal 9 jam, keunggulan seperti layanan jemput kiriman, layanan cash on delivery, gratis ongkos kirim di pengiriman berikutnya bila kiriman tidak tiba di hari yang sama membuat pihaknya optimistis mampu membukukan pendapatan hingga Rp 800 miliar sampai akhir tahun 2019.

Sementara itu, Marketing Communicatios PT Titipan Kilat (TIKI) Surabaya Liong Monica mengatakan, TIKI juga memiliki layanan pengiriman di hari yang sama atau SDS. “Layanan SDS sudah ada di kami sejak lama, namun memang fokusnya masih di Jakarta. Karena kami lihat kebutuhan di sana cukup tinggi daripada di Surabaya,” ujarnya.

Untuk Surabaya, Monica mengungkap, jika over night service (ONS) masih menjadi favorit. Apalagi melihat dari sisi keterjangkauan harga. “Harga SDS memang lebih mahal 10 kali lipat dibanding dengan ONS. Para pelaku usaha di Surabaya juga lebih memilih ONS yang per kilogramnya hanya dikenakan biaya Rp 27.000,” tambahnya.

Namun, pihaknya juga tak menampik rencana untuk menghadirkan SDS di Surabaya. “Kami pantau terus kebutuhannya seperti apa. Jika dirasa peminatnya cukup tinggi, maka bukan tidak mungkin SDS bisa diterapkan di Surabaya,” tutupnya. (rul/nur)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia