Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Paripurna Pertama Kenalkan Pimpinan Definitif DPRD Sidoarjo

09 September 2019, 17: 29: 38 WIB | editor : Wijayanto

H Usman

H Usman (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Seluruh parpol yang memiliki jatah menduduki pimpinan dewan sudah menyerahkan surat rekomendasinya ke Ketua Sementara DPRD Sidoarjo Usman. Artinya anggota pimpinan definitif DPRD Sidoarjo sudah lengkap. Hanya saja masih perlu untuk diparipurnakan.

Ketua DPRD Sidoarjo Usman mengatakan, hari ini paripurna akan dilaksanakan. Paripurna tersebut merupakan rapat pripurma pertama kali pasca anggota DPRD Sidoarjo terpilih dilantik dan diambil sumpahnya. Paripurna tersebut bertujuan memberitahukan jika pimpinan definitif sudah lengkap. “Seperti paripurna biasanya, untuk memberitahukan pimpinan definitif,” katanya.

Usman menuturkan, nantinya setelah rapat paripurna tersebut, berita acara rapat paripurna akan segera dibuat. Berita acara itu akan disampaikan kepada gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Berita acara rapat tersebut juga akan dilampiri dengan surat rekomendasi dari partai masing-masing.

Penyerahan berita acara tersebut penting agar nantinya seluruh anggota pimpinan definitif DPRD mendapat SK dari gebernur. Setelah SK didapat nantinya baru akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Posisinya sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Sidoarjo. “Nanti yang jelas akan dilantik,” paparnya.

Ditanya terkait estimasi balasan gubernur, Usman menyebut, jawaban gubernur atas penyerahan berita acara paripurna tersebut paling lambat akan diterima sepekan setelah penyerahan. Untuk itu, tugas pertama saat ini adalah menyelesaikan berita acara paripurna yang digelar hari ini.

Jika pimpinan definitif DPRD Sidoarjo sudah dilantik, baru akan melakukan pembahasan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Sebelumnya, sejumlah partai telah menyerahkan surat rekomendasi pimpinan dewan. Di antaranya PKB yang menunjuk Usman sebagai Ketua DPRD Sidoarjo.

Selain PKB, ada pula Gerindra yang menunjuk Kayan. Posisinya sebagai wakil ketua DPRD Sidoarjo. Posisi yang sama juga di jabat oleh Emir Firdausi sebagai dari PAN dan Bambang Riyoko dari PDIP. “PDIP merupakan partai terkahir yang menyerahkan surat rekomendasinya,” ujarnya. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia