Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Asmara Babak Belur, Tetap Rukun dengan Mantan Mertua

06 September 2019, 04: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Share this      

Sekali mertua tetap mertua. Tak ada istilahnya mantan mertua. Oh betapa bahagianya jika semua orang berpandangan sama. 

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Tapi jangan salah, hubungan rukun antara mertua dan mantunya bukan imajinasi belaka. Ada juga, yang meskipun  berseteru dengan anaknya, tapi sayang dengan mertuanya. 

Seperti Karin, 35, dan mertuanya, Mira, 57, ini contohnya. Yang kisahnya hangat meski asmaranya babak belur. 

Bagi Karin, Mira adalah mertua paling baik sedunia. Bayangkan saja, ia tetap dibiarkan tinggal di rumah mertuanya, setelah empat tahun berpisah Donwori. Karin sendiri sudah menganggap Mira sebagai orang tua sendiri. Pun dengan Mira  yang menganggap Karin sebagai anak kesayangan. Istilahnya, apa-apa, Karinlah yang akan diminta Mira mengurus.

"Karena anak-anak ibuk pada di luar kota.  Jadi apa-apa sama saya. Ibuk minta saya gak usah pulang, tinggal bersama saja," ujarnya saat mengurus sertifikat cerainya di Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya.

Keluarga besar Mira juga sudah terbiasa dengan Karin. Tidak ada yang julid mempermasalahkan statusnya sebagai mantan menantu. Ia sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga. 

Pertanyaannya, di mana Donwori? Kata Karin, Donwori ini adalah pria yang paling licik yang pernah ia kenal. Mentang-mentang sekolah tinggi, ia mengibuli keluarga jauh Mira yang tidak sekolah. Modusnya selalu sama. Membantu menguruskan hak waris agar dapat jatah lebih banyak. 

Dengan modus ini, setidaknya ada tiga keluarga besar Mira yang tertipu. Kadung menyerahkan surat-surat tanah, eh dibawa kabur oleh Donwori dan pengacaranya."Dia sekali dijebloskan penjara gara-gara nipu, tapi ya gak ada kapoknya," terang Karin. 

Terakhir, lima tahun lalu, Donwori menipu lagi. Sasarannya adalah keluarga dari kakak Mira yang ndilalah kok tidak sekolah, tapi hartanya banyak. Setelah bujuk rayu dan tipu muslihatnya, harta itu jatuh juga ke tangan Donwori. 

Setelah itu, Donwori kabur hingga sekarang. Ia menghilangkan jejak dan tidak ada kabar tiga tahun lamanya. Meninggalkan Karin yang pusing dengan tingkah suaminya ini. "Karena Ibuk wes mangkel ambek Mas Wori, aku diminta gugat cerai saja. Gak perlu mempertahankan pernikahan sama penipu kayak dia," ujarnya. 

Kaburnya dari rumah itu juga menandai awal dari Donwori yang tak lagi dianggap anak oleh Mira.  Hingga dua tahun terakhir, ada kabar mengenai Donwori. Yang didapat dari salah seorang saudara, kebetulan tentara yang berhasil melacak keberadaan anak durhaka itu. 

Katanya, Donwori ini hidup di rumah seadanya. Harta-harta yang dilarikan dulu habis. Katanya, ia kena tipu juga oleh pengacara yang dulu kongkalikong dengannya. Di rumah seadanya itu, ia tinggal dengan seorang perempuan.

Kabarnya, perempuan itu istri barunya yang hamil besar. Yang babak belur karena setiap hari kena KDRT oleh Donwori yang tertekan mentalnya. "Sama aku KDRT juga dia itu, apa dipikir enggak. Ya tak dongakne ae slamet bojo sak anake sampek lahir," pungkas  Karin yang kemudian bergegas pergi. (*/opi)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia