Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Pengasapan Ikan Jadi Unggulan Kejawan Lor di Ajang SSC

05 September 2019, 16: 21: 35 WIB | editor : Wijayanto

GUYUB: Lurah Kenjeran Rully Prasetya (kiri) berbincang dengan Arif Rusman dari DKRTH (tengah) saat sosialisasi SSC 2019 di Jalan Kejawan Lor gang V.

GUYUB: Lurah Kenjeran Rully Prasetya (kiri) berbincang dengan Arif Rusman dari DKRTH (tengah) saat sosialisasi SSC 2019 di Jalan Kejawan Lor gang V. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sosialisasi SSC juga menyasar daerah pesisir pantai. Pasalnya, potensi perikanan di sana dinilai sangat tinggi. Staff Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKHRTH) Surabaya Arif Rusman menuturkan, daerah pesisir pantai sangat potensial untuk pengasapan ikan.

Meski ruang terbuka hijaunya sedikit, konsep yang diusung SSC juga mendorong seluruh masyarakat Surabaya lebih berdaya. Salah satunya dari segi ekonomi. "Jadi itu unggulan di sini," terangnya di Surabaya, kemarin.

Lurah Kenjeran Rully Prasetya mengamini hal tersebut. Menurutnya, program SSC yang bisa diterapkan di wilayah Kejawan Lor tidak melulu soal penghijauan. Karena berada di daerah pesisir pantai, pihaknya mengaku terus mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan kampung. "Tetapi unggulan dari kampung ini ada di pengasapan ikan," ujarnyam

Oleh karena itu, menurut Rully, pihaknya akan memaksimalkan inovasi warga terkait kreatifitas dalam pengelolaan ikan asap tersebut. Salah satunya dengan membentuk kelompok di masyarakat.

"Sudah ada dua kelompok. Mereka sudah membuat produk-produk inovatif," tuturnya. Dengan demikian, pihaknya berharap, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui adanya kampung unggulan ini. 

Salah satu warga kampung Anik Musnah menyampaikan bahwa sebagian besar warga RW 2 bermatapencaharian sebagai nelayan. "Jadi hampir semua ibu-ibu yang suaminya nelayan, ikan hasil tangkapan diasap kemudian dijual di pasar maupun pinggir jalan," ujarnya.

Maka dari itu, dalam gelaran SSC kali ini, pihaknya ingin mengangkat dari segi ekonomi. Dengan harapan, warga nelayan di sana lebih maju dan lebih baik lagi. (cin/opi)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia