Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Meski Banyak Gugatan, Pemkab Lantik Kades Terpilih Senin Depan

05 September 2019, 07: 36: 56 WIB | editor : Wijayanto

SEGERA DILANTIK: Bupati Gresik dijadwalkan akan melantik kades terpilih pada Senin, pekan depan.

SEGERA DILANTIK: Bupati Gresik dijadwalkan akan melantik kades terpilih pada Senin, pekan depan. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gresik mulai mematangkan rencana pelantikan kepala desa (kades) terpilih. Rencananya, pelantikan ratusan kades tersebut akan dilakukan Senin, pekan depan.

Kepala DPMD Kabupaten Gresik Malahatul Fardah membenarkan hal tersebut. Memang rencananya, pelantikan akan dilakukan pada Senin (9/9) mendatang. “Insya Allah Senin pelantikannya,” ujarnya.

Dikatakan, pelantikan rencananya akan digelar di halaman Kantor Bupati Gresik. Sebab, jumlah kepala desa yang akan dilantik cukup banyak. “Saya kira halaman kantor Bupati sangat luas dan cukup untuk pelantikan kades terpilih,” ungkap dia.

Dijelaskan, sesuai dengan pilkades, ada 264 kades terpilih. Dengan rincian, untuk laku-laki sebanyak 251 orang dan untuk perempuan hanya 13 orang. “Cukup banyak kades yang akan dilantik nanti,” terangnya.

Terkait dengan adanya gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), pihaknya belum bisa memberikan komentar lebih dalam. Sebab, sampai saat ini belum ada putusan dari PTUN. “Kan belum ada putusan dari PTUN,” katanya.

Menurut dia, pihaknya tetap berpedoman dengan ketentuan yang berlaku. Dimana, jarak antara calon terpilih hingga pelantikan ada ketentuan waktunya. “Dan ini sudah saatnya dilakukan pelantikan memang,” jelasnya.

Ditambahkan, jika nanti memang ada putusan PTUN, akan ditindaklanjuti kemudian. Yang pasti, pihaknya akan melakukan sesuai aturan yang ada. “Nanti bisa ditindaklanjuti kalau sudah ada putusannya,” imbuh dia. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia