Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Etuda Enggana, Cantik Nan Eksotik dengan Batik Tulis Kutai Timur

05 September 2019, 08: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

WASTRA NUSANTARA: Dua orang model berpose mengenakan busana muslim dengan bahan kain batik tulis khas Kutai Timur karya desainer Surabaya Lia Afif.

WASTRA NUSANTARA: Dua orang model berpose mengenakan busana muslim dengan bahan kain batik tulis khas Kutai Timur karya desainer Surabaya Lia Afif. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Berbicara tren busana muslim memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya merupakan muslim. Hal ini mendorong Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia. 

Tentu hal ini menjadi stimulus positif bagi desainer-desainer Indonesia untuk terus menciptakan karya-karya baru. Salah satunya Lia Kusumaningdiah. Fashion designer busana muslim ini baru saja menelurkan busana muslim nan kasual. 

Desainer yang juga dikenal dengan Lia Afif ini konsisten membawa Wastra Nusantara dalam setiap desainnya. Kini, Lia menghadirkan batik tulis Kutai Timur dengan kekhasan motif khas Kalimantan dengan siluet burung enggang yang berpadu cantik nan eksotik dengan buaya. "Batik itu dikerjakan dan dikembangkan oleh pengrajin batik tulis asli Kutai Timur," terangnya, Rabu (4/9). 

Desainer kelahiran Jombang, 9 November 1974 ini menjelaskan, motif burung tersebut kemudian dikombinasikan dengan motif Dayak. "Namun tidak seutuhnya bentuk burung, hanya diambil salah satu bagian tubuhnya. Bisa paruhnya, ekornya," jelasnya. 

Yang menarik, Lia, yang juga Wakil Ketua Indonesia Modest Fashion Design (IMFD) menghadirkan rangkaian koleksi Etuda Enggana yang mengalir indah seakan membawa siapa saja yang melihatnya menikmati alam. "Iramanya juga lebih enak dilihat," tuturnya. 

Koleksi Etuda Enggana ini menggunakan siluet A dan I berpadu harmonis dengan detail khas Lia. Tampil dengan menonjolkan permainan detail dengan warna-warna tosca, maroon, burgundy, dan nude yang memberikan aksen kuat pada setiap busananya.

Rangkaian desain Lia Afif kali ini juga menghadirkan desain yang memadukan batik tulis Kutai Timur dengan kain chiffon cerutti, duchess, organdi silk, lurik, serta velvet. Hadir pula dalam model celana yang nyaman digunakan dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun informal. Sehingga desain busana muslim ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. "Baju dress bisa digunakan untuk sehari-hari juga. Mix and match agar mendapat kesan elegan dan glamour. Bisa digunakan dalam segala kondisi," pungkasnya. (cin/nur)

(sb/cin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia