Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Dutra Ingin Main Bareng Timna Lawan Thailand

04 September 2019, 19: 11: 00 WIB | editor : Wijayanto

Otavio Dutra

Otavio Dutra (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

JAKARTA - Bek Persebaya Surabaya Otavio Dutra berharap bisa tampil bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pelatih timnas Simon McMenemy yang dikonfirmasi belum bisa berandai-andai soal kemungkinan Dutra tampil bersama Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Pelatih asal Skotlandia itu memilih untuk menunggu sampai proses naturalisasi Dutra benar-benar rampung.

Peluang Dutra tampil melawan Malaysia menipis lantaran proses naturalisasi belum rampung. Ia masih harus menunggu Keputusan Presiden (Keppres) sebelum pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

Dutra baru saja menyelesaikan tahapan proses naturalisasi di Komisi III DPR-RI bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM, Senin (2/9) malam. Setelah disepakati DPR, pemain asal Brasil itu masih butuh waktu untuk menunggu Keppres dari Presiden Joko Widodo.

Kondisi itu memperkecil peluang Dutra bisa tampil saat Timnas Indonesia menghadapi Malaysia di laga perdana Grup G Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

"Lawan Malaysia pasti saya tidak bisa main karena naturalisasi saya belum selesai. Belum ada kabar kapan saya bisa disumpah [jadi WNI]. Semoga dalam minggu-minggu ini supaya saya bisa siap untuk main lawan Thailand," kata Dutra.

Setelah menjamu Malaysia, Timnas Indonesia dijadwalkan bakal menghadapi Thailand di Stadion GBK, Selasa (10/9). Selanjutnya, skuat Garuda bakal melakoni laga tandang ke Uni Emirat Arab (UEA) dan kembali ke Jakarta untuk menjamu Vietnam.

Dutra menyebut sudah menjalin komunikasi bersama Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Terlebih, Dutra masih ikut bergabung latihan bersama Timnas Indonesia jelang persiapan melawan Malaysia.

"Coach Simon berharap saya bisa dapat paspor cepat. Saya berdoa terus supaya saya bisa main lawan Thailand. Saya jelaskan, saya tidak dicoret timnas. Saya cuma dipinjam ke Persebaya untuk main lawan Bhayangkara, karena di timnas ada empat pemain Persebaya jadi salah satu harus kembali ke tim. Setelah pertandingan kemarin saya langsung balik karena coach masih tunggu saya bisa dapat paspor Indonesia," jelas Dutra.(sam/pps/rak)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia