Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Dawud Dicopot, Ainul Yakin Jadi Ketua DPD Nasdem Sidoarjo

03 September 2019, 17: 00: 34 WIB | editor : Wijayanto

Ainul Yakin

Ainul Yakin (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Selisih pendapat di dalam tubuh Partai Nasdem tentang pembentukan fraksi berbuntut panjang. Susunan pengurus DPD Nasdem Sidoarjo diganti. Bahkan Ketua DPD Nasdem Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno sampai dicopot jabatannya.

Pada 29 Agustus lalu, DPP Nasdem mengeluarkan surat keputusan (SK) bernomor 049-SK/DPP-Nasdem/VIII/2019. Isinya perubahan susunan pengurus DPD Nasdem Sidoarjo.

Sekretaris DPD Nasdem Sidoarjo Achmad Rodi menjelaskan, dalam surat itu tertulis Dawud bukan lagi pimpinan partai. Jabatannya digantikan Ainul Yakin yang saat ini adalah pengurus DPW Nasdem Jatim.

Kisruh internal partai ini dimulai saat penyusunan fraksi DPRD Sidoarjo periode 2019-2024. Saat itu Dawud bersikeras akan bergabung dengan Gerindra. Menjadi satu fraksi.

Sayangnya, keinginan Dawud tidak didukung oleh pengurus lainnya. Hasilnya, Nasdem menjalin kesepakatan dengan Demokrat untuk membentuk fraksi. 

Dawud dan sejumlah petinggi Nasdem enggan mengalah. Perdebatan semakin memanas. DPP Nasdem turun tangan. Alhasil, berdasarkan rapat DPP Nasdem, Dawud dicopot dari jabatan Ketua DPD Nasdem Sidoarjo. 

Rodi mengatakan, Ketua DPD Nasdem Sidoarjo yang baru langsung menuntaskan pembentukan fraksi. " Nasdem tetap bergabung dengan Demokrat," ucapnya.

Ketua DPD Nasdem Ainul Yakin menjelaskan, susunan fraksi gabungan sudah diajukan. Nasdem resmi bergabung dengan Demokrat. "Minggu lalu kami ajukan," ujarnya.

Fraksi gabungan itu dipimpin kader Nasdem M. Sochib. Jabatan Wakil Ketua Fraksi diemban Zahlul Yussar. "Susunan fraksi sudah disepakati bersama," jelasnya.

Sementara itu, pembentukan fraksi di dewan belum juga selesai. PKS dan PDIP belum mengirim susunan fraksi.

Pimpinan sementara DPRD Sidoarjo Usman mengatakan tujuh partai sudah mengirimkan susunan fraksi. "PKS dan PDIP belum," ucapnya.

Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo Samsul Huda mengatakan partai tengah menuntaskan pembentukan fraksi. Dia enggan menyampaikan detil susunan fraksi. "Secepatnya kami masukkan," jelasnya.

Anggota Fraksi PKS Aditya Nindyatman mengatakan PKS masih menggodok susunan fraksi. "Kalau tidak hari ini, besok kami masukkan," terangnya. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia