Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tahun Ini, Pemkab Sidoarjo Ajukan 825 Formasi CPNS

80 Pegawai Golongan III Ikut Latsar

03 September 2019, 15: 16: 23 WIB | editor : Wijayanto

BELAJAR LAGI: Dari kiri, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Managerial Badan Pengambangan SDM Jatim, Muhammad Suluh, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Kepala BKD Sidoarjo Ridho Prasetyo di pembukaan latihan dasar CPNS Provinsi, Senin (2/9).

BELAJAR LAGI: Dari kiri, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Managerial Badan Pengambangan SDM Jatim, Muhammad Suluh, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Kepala BKD Sidoarjo Ridho Prasetyo di pembukaan latihan dasar CPNS Provinsi, Senin (2/9). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO – Kebutuhan pegawai di Sidoarjo hingga kini belum juga bisa dipenuhi. Banyaknya pegawai yang pension setiap tahun tidak seimbang dengan jumlah pegawai baru. Tahun ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kembali mengajukan formasi.

Kepala BKD Sidoarjo Ridho Prasetyo mengatakan, Sidoarjo telah mengajukan 825 formasi untuk rekrutmen CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2019 ini. Mayoritas masih diperuntukkan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

“Sesuai dengan arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB),” katanya.

Pengajuan itu diakuinya tidak mampu memenuhi kebutuhan pegawai. Untuk itu, langkah yang bisa dilakukan saat ini adalah meningkatkan kualitas pegawai yang sudah ada. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo mengadakan Pelatihan Dasar (Latsar) bagi 80 CPNS Golongan III Angkatan 63 & 64 bekerjasama dengan (BPSDM) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dia menyebutkan, latsar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. "Selanjutnya mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini dalam pelaksanaan tugas-tugas nanti ketika kembali ke perangkat daerah masing-masing," katanya.

Peserta latsar terdiri atas 69 tenaga pendidikan, 8 tenaga kesehatan dan 3 pegawai teknik. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Ridho Prasetyo membuka kegiatan pelatihan dasar pada Senin (2/9) di Aula Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Managerial Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur Muhammad Suluh yang mewakili Kepala BPSDM Daerah Propinsi Jawa Timur.

Pelatihan dasar CPNS Golongan III ini dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Jalan Raya Majapahit  selama 51 hari kerja mulai tanggal 2 September hingga Oktober 2019. Masih tersisa dua gelombang lagi. Total CPNS yang menjalani Latsar 2019 ini berjumlah 464 orang.

Model latsar CPNS 2019 ini menggunakan in dan off class. Rinciannya 21 hari in class dengan membuat ide dan inovasi yang akan diaktualisasikan di OPD masing-masing. 30 hari off class. Selanjutnya, mengaktualisasikan teori-teori yang telah dirancang. “Konsep pendidikan sekarang bukan sekedar teori, ada bukti secara real. Menjadi konsep baru yang ada di tahun ini,” kata Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Managerial Badan Pengambangan SDM Provinsi Jawa Timur, Muhammad Suluh

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berpesan, Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. “ASN harus memegang prinsip dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi. Tentunya juga anti narkoba,” ujar Saiful Ilah. (rpp/nis)

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia