Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Dukung Program Kendaraan Listrik, Ini yang Disiapkan PLN

02 September 2019, 18: 09: 53 WIB | editor : Wijayanto

RAMAH LINGKUNGAN: Pengunjung melihat kendaraan bertenaga listrik disela-sela pameran di Grand City Mall, Surabaya. PLN akan memberikan diskon bagi pelanggan yang memiliki kendaraan listrik.

RAMAH LINGKUNGAN: Pengunjung melihat kendaraan bertenaga listrik disela-sela pameran di Grand City Mall, Surabaya. PLN akan memberikan diskon bagi pelanggan yang memiliki kendaraan listrik. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan kesiapannya dalam mendukung era kendaraan listrik, yang mana regulasi tentangnya telah tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 5 Tahun 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengungkap, PLN telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah menyiapkan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). “Ada dua skema bisnis yang digagas PLN. Pertama Company Owned Company Operated (COCO), dan kedua Partner Owned Partner Operated (POPO),” ungkapnya.

Selain itu, dukungan PLN terhadap era kendaraan listrik juga diberikan lewat beberapa mekanisme pemberian diskon. Di antaranya diskon tambah daya listrik sebesar 75 persen bagi pemilik mobil listrik, diskon 100 persen atau gratis bagi pemilik mobil listrik, dan diskon tarif listrik sebesar 30 persen bagi pemilik kendaraan listrik di malam hari mulai pukul 22:00 sampai 04:00 yang berlaku per 1 September 2019.

“Adanya diskon tambah daya seperti disebut di atas tujuannya agar pemilik kendaraan listrik bisa menggunakan station charging di masing-masih rumahnya tanpa kendala listrik,” ucap Inten.

Dia menyebut, dengan berbagai kemudahan bagi semua pihak, mulai dari pelanggan sampai partner, pihaknya yakin mampu bekerja sama mengembangan kendaraan listrik.

Bukti nyata partisipasi PLN ditunjukkan dalam keikutsertaannya sebagai pendukung acara pada pameran dan parade kendaraan listrik. Selama pameran berlangsung, pasokan listrik menggunakan sumber PLN yang pastinya bebas polusi karena tidak menimbulkan asap.

“Kami mendukung program pemerintah menuju Indonesia bersih dengan mendorong pengembangan kendaraan listrik dan penggunaan energi ramah lingkungan untuk event dengan memakai power bank dan Unterruptible Power Supply (UPS) PLN,” pungkas Inten. (rul/nur)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia