Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

STIE Perbanas Surabaya Jadi Sekolah Tinggi Terbaik Tahun 2018-2019

30 Agustus 2019, 17: 14: 45 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - STIE Perbanas Surabaya mendapatkan kabar gembira. Pada pertengahan Agustus ini, kampus bisnis dan perbankan beralamat di Jalan Nginden Semolo No. 34-36 Surabaya dan Jalan Wonorejo Utara No. 16 Rungkut itu menduduki peringkat 67 dari ribuan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia.

Peringkat itu diketahui dari keputusan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Siaran Pers Nomor 147/SP/ HM/BKKP/VIII/2019 di laman ristekdikti.go.id

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, STIE Perbanas Surabaya berhasil menjadi Sekolah Tinggi Terbaik pada Tahun 2018 dan 2019. Kampus terakreditasi institusi A tersebut, berada di Klaster 2 sehingga mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. 

Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output–Outcome Base, yaitu dengan melihat kinerja masukan dengan bobot 40 persen yang meliputi kinerja input (15 persen) dan proses (25 persen), serta kinerja luaran dengan bobot 60 persen yang, meliputi kinerja output (25 persen) dan outcome (35 persen).

Penambahan indikator baru tersebut sebagai upaya agar perguruan tinggi dapat secara aktif merespon perkembangan zaman, terutama revolusi industri keempat dan kebutuhan tenaga kerja.

Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., menyatakan prestasi tersebut merupakan kinerja segenap civitas akademika. Capaian ini selaras dengan visi dan misi untuk menjadikan STIE Perbanas Surabaya sebagai kampus unggul, terkemuka, dan berwawasan global. Pengakuan secara nasional oleh Kemenristekdikti ini tentunya akan dipertahankan dan ditingkatkan agar lebih baik lagi.

Prestasi yang diraih tentu tidak akan terhenti sampai di sini. Pihaknya telah mempersiapkan segala komponen untuk meraih akreditasi internasional. Salah satu akreditasi internasional yang ingin dicapai dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). ”Semoga dalam beberapa tahun ke depan, kami bisa mencapai prestasi itu,” tambahnya.

Kemudian, untuk membekali mahasiswa agar kompeten, berdaya saing tinggi, dan berwawasan global, STIE Perbanas Surabaya membuka program Student Exchange/Sit in ke luar negeri.

Tahun 2019, puluhan mahasiswa sudah ikut ke beberapa negara di Asia Tenggara, meliputi Thailand, Malaysia dan Filipina. Kemudian di Eropa, ada di Utrecht University Belanda melalui Summer School Program yang sudah berjalan sejak tahun 2016.

”Harapannya, mindset mahasiswa nanti akan berubah dengan pengalaman luar negeri. Kami juga akan terus mengembangkan kerja sama dengan kampus di Asia Timur, Australia, maupun Eropa,” harap Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si. (nin/jay)

(sb/nin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia