Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Warga Kejawan Putih Tambak Sukses Hidroponik, Kembangkan Ternak Cacing

28 Agustus 2019, 18: 17: 42 WIB | editor : Wijayanto

MELIMPAH: Kepala Bidang RTH dan PJU DKRTH Surabaya Hendri Setianto (kanan) memanen sayur hidroponik milik warga saat sosialisasi SSC di Tegal Mulyorejo Baru, Selasa (27/8).

MELIMPAH: Kepala Bidang RTH dan PJU DKRTH Surabaya Hendri Setianto (kanan) memanen sayur hidroponik milik warga saat sosialisasi SSC di Tegal Mulyorejo Baru, Selasa (27/8). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sosialisasi SSC kemarin juga dilakukan di kawasan RT 02 Kelurahan Kejawan Putih Tambak. Ketua RT 02 Kelurahan Kejawan Putih Tambak Ayu Indriana menuturkan, kampungnya kini sedang giat menggali potensi kampungnya. Salah satunya dengan mengembangkan ternak cacing.

“Sebenarnya, basik utamanya adalah mengelola sampah. Nah sampah basah itu sebelumnya kita masukkan ke dalam komposer saja. Setelah jadi pupuk kok nggak ada nilai ekonominya. Selanjutnya ketemulah ide ternak cacing. Sampah basah itu bisa dibuat makan cacing akhirnya bisa jadi nilai jual,” terangnya.

Kini, kampungnya terus mengembangkan ide tersebut. Omzet yang didapat pun terbilang lumayan. “Untuk sementara ini kita kumpulkan dulu uangnya, kita ingin tahu berapa sih penghasilan kita dari cacing ini satu tahun ini menjanjikan apa tidak,” imbuhnya.

Sebelumnya, kawasan kampung ini bisa dikatakan sudah lebih dulu sukses melakukan tanaman hidroponik. Salah satunya adalah menanam selada air. “Banyak warga yang melakukannya (menanam selada air dengan teknik hidroponik, Red) dan hasilnya sangat bagus,” jelas Ayu.

Selada air ditanam warga Kejawan Putih Tambak di lahan-laha rumah mereka, Ada yang ditanam di depan rumah, samping atau pun belakang sehingga menambah asri kawasan itu. “Kalau mau makan, tinggal metik. Tidak usah beli,” imbuh Ayu. (cin/opi)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia