Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Ajak Kurangi Sampah, Bikin Peta Indonesia dari Botol Plastik

27 Agustus 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

TOLAK PLASTIK: Ribuan Mahasiswa Baru (maba) Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, membentangkan kain berukuran 10X5 meter dengan gambar peta Indo

TOLAK PLASTIK: Ribuan Mahasiswa Baru (maba) Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, membentangkan kain berukuran 10X5 meter dengan gambar peta Indonesia yang terbuat dari susunan botol plastik bekas di Kampus mereka, Senin (26/08). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Ratusan mahasiswa baru Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya tampak berbaris dengan membentangkan sebuah bendera raksasa  bergambar peta  Indonesia yang terbuat dari botol plastik, Senin (26/8). Selain adanya gambar peta, dalam bendera itu juga ada tulisan Stop Plastik. 

Menurut Koordinator Humas Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Edina Tamara, aksi tersebut merupakan cara untuk pencegahan dampak penggunaan sampah plastic. “Kami, para mahasiswa dan civitas akademika Unitomo saat ini sedang mencoba untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan kampus.  Kami ingin kenalkan kepada adik-adik mahasiswa baru untuk sadar akan bahaya penggunan sampah plastik ini,” kata Edina di sela aksi.

Ia menjelaskan, gambar peta Indonesia memberikan makna bahwa di negara ini hingga sekarang masih banyak sampah plastik bertebaran. Tidak hanya di darat, tapi juga di laut. Sampah-sampah plastik itu tentu saja mencemari lingkungan dan juga berbahaya bagi mahkluk hidup di sekitarnya. “Kami sebagai mahasiswa turut prihatin atas banyaknya sampah plastik di Indonesia. Kami pun mengimbau kepada semua masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik, karena plastik merupakan benda yang tidak dapat terurai di tanah dan juga berbahaya bagi ekosistem lingkungan dan juga tubuh manusia,” terangnya.

Dengan mengurangi sampah plastic, kata Edina, merupakan bentuk dari menjaga ekosistem lingkungan di Indonesia. “Ini juga bagian dari mencintai negeri ini. Mencintai Indonesia dimulai dengan cara terkecil, yakni mengurangi sampah plastik,” imbuhnya. 

Sementara itu, Rektor Unitomo Bahrul Amiq menyambut positif aksi para mahasiswa tersebut dengan melakukan kampanye pengurangan menggunakan plastik. “Ya kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Dimana mahasiswa yang senior ini telah mengenalkan kepada adik-adiknya, mahasiswa baru, untuk ikut serta dalam mengurangi plastic. Ini bagian yang sangat mengedukasi bagi kami dan juga bagi masyarakat,” tuturnya. 

Menurut Bahrul, filosofi dari adanya gambar peta Indonesia tersebut merupakan wujud menjaga persatuan dan kesatuan. Ia mengatakan jika Unitomo merupakan tempat untuk belajar mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia. “Banyak mahasiswa, baik yang lama maupun baru, ini jauh-jauh menimba ilmu di Unitomo. Sehingga ini merupakan bagian dari kami menjaga Bhineka Tunggal Ika dan tentunya merupakan wujud kecintaan kepada Indonesia untuk menjaga alam dan lingkungannya,”pungkasnya. (rmt/opi)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia