Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tatib Baru DPRD, Anggota Dewan Wajib Ngantor Tiap Hari

26 Agustus 2019, 18: 49: 38 WIB | editor : Wijayanto

BARU: Bupati Saiful Ilah menyalami anggota DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 yang baru saja dilantik.

BARU: Bupati Saiful Ilah menyalami anggota DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 yang baru saja dilantik. (DOK/JPNN/DIMAS MAULANA/JAWAPOS)

Share this      

SIDOARJO - Seiring dengan dilantiknya anggota dewan yang baru, tata tertib (tatib) pun berganti. Salah satu klausul penting yang diajukan adalah kewajiban anggota dewan untuk datang ke kantor setiap hari.

Salah satu anggota dewan terpilih Ainun Jariyah mengatakan, regulasi itu menjadi landasan dewan dalam bekerja.Selama lima tahun menjabat, menurut dia, ada satu kekurangan yang harus diperbaiki. Yaitu absensi wakil rakyat.

Diakuinya, ada beberapa anggota dewan yang sering bolos kerja. Bahkan pada saat rapat paripurna. Tidak semua anggota dewan mengikuti rapat tersebut. Paling banyak sekitar 35 orang.

Dalam rapat pengesahan KUPA APBD perubahan 2019 misalnya. Dua kali rapat gagal digelar. Penyebabnya sama. Peserta rapat tidak mencapai kuorum. 

Untuk itu, menurut dia ke depan harus ada aturan yang mengatur absensi dewan dan sifatnya mengikat. Seperti kewajiban masuk kantor setiap hari. Selain itu, jam kerja juga diatur seperti jam kerja kantor. "Semoga anggota dewan yang lain memiliki keinginan yang sama," katanya.

Ainun menambahkan, usulan tersebut akan disampaikan saat rapat pembahasan tartib. "Hari ini tartib mulai dirapatkan," tuturnya. 

Usulan Ainun mendapatkan respon dari Pimpinan sementara DPRD Sidoarjo Usman. Politikus PKB itu mengatakan pendapat itu bakal dibahas dalam rapat penyusunan tartib. Pembahasan dilakukan perwakilan parpol yang duduk di DPRD. "Jika poin tersebut menjadi sebuah kesepakatan, ya sah-sah saja sebagai rujukan pembahasan tartib," ucapnya.

Usman yakin, dewan periode 2019-2024 bakal lebih baik daripada sebelumnya. Hal itu terlihat saat rapat perdana tanggal 22 Agustus lalu. Dalam pertemuan internal tersebut, seluruh anggota dewan memiliki satu semangat. "Menjadikan lembaga DPRD lebih berintegritas," jelasnya. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia