Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Fasilitas Ditingkatkan, Tarif Parkir Bandara Juanda Naik Per September

26 Agustus 2019, 18: 35: 24 WIB | editor : Wijayanto

PENUH: Kondisi parkir mobil di Bandara Juanda. Bulan depan tarif parkir ada peningkatan.

PENUH: Kondisi parkir mobil di Bandara Juanda. Bulan depan tarif parkir ada peningkatan. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Bandara Udara Internasional Juanda bakal melakukan penyesuaian tarif parkir mulai September mendatang. Penyesuaian tarif tersebut berlaku baik bagi kendaraan dengan roda dua, empat dan enam. Berlaku baik di terminal 1 dan terminal 2.

General Manager Bandara Internasional Juanda Heru Prasetyo mengatakan, penyesuaian tarif tersebut dilakukan setelah selama dua tahun belum pernah ada penyesuaian sama sekali. Dalam pelaksanaannya, pihaknya telah lebih dahulu melakukan peningkatan terhadap pelayanan parkir dan fasilitas.

Setidaknya ada beberapa peningkatan fasilitas yang mulai dilakukan. Di antaranya, penggantian perangkat pada entry gate sebanyak 12 unit dengan menggunakan aplikasi manless gate in hingga penggunaan smart card bagi kendaraan yang telah terdaftar sebagai langganan.

"Ada juga magnetic access pro boom gate sebanyak 17 unit dan cctv automatic licence plate recognition," katanya.

Pada penyesuaian tarif baru tersebut, bagi roda dua kini menjadi Rp 5 ribu dari tarif awal sebesar Rp 3 ribu. Sementara roda empat kini menjadi Rp 10 ribu dari tarif awal Rp 6 ribu. Sedangkan untuk roda enam naik menjadi Rp 12 ribu dari tarif awal Rp 8 ribu. Itu semua tarif parkir yang kurang dari satu jam.

Untuk parkir di atas satu jam hingga lima jam, roda dua tak ada kenaikan. Namun untuk roda empat naik sebesar Rp 3 ribu dan roda enam naik Rp 4 ribu. Jika parkir di atas lima jam hingga 12 jam, maka tak ada kenaikan untuk roda dua. Hanya saja untuk roda empat dan enam akan naik. "Masing-masing untuk roda empat menjadi Rp 25 ribu dan roda enam menjadi Rp 50 ribu," paparnya.

Sedangkan untuk parkir inap, tarif roda dua menjadi Rp 35 ribu, roda empat menjadi Rp 100 ribu dan roda enam menjadi Rp 120 ribu. Sedangkan jika kehilangan karcis parkir, maka akan dikenai denda untuk roda dua sebesar Rp 75 ribu, roda empat dan roda enam sebesar Rp 150 ribu.  "Penyesuaian tarif parkir tersebut telah disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengguna  jasa parkir di Bandara Juanda  Muslih mengaku, hal itu sebenarnya cukup memberatkan. Apalagi yang paling terasa bagi pengguna mobil seperti dirinya. Warga Sukolilo Surabaya ini menuturkan, pihak bandara paling tidak harus meningkatkan pelayanan yang ada.  "Kalau tarif parkir naik yang jelas kita juga minta pelayanannya juga baik dan semakin bagus," harapnya. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia