Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Pelantikan Anggota DPRD Surabaya 2019-2024

Adi Sutarwijono Emban Amanah Sebagai Ketua Dewan

25 Agustus 2019, 08: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Pelantikan 50 anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024 saat diambil sumpahnya.

Pelantikan 50 anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024 saat diambil sumpahnya. (ABDULAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sepekan lalu telah ditetapkan 50 nama baru dan petahana anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya. Kini, para anggota baru dan petahana tersebut telah resmi dilantik melalui sidang paripurna istimewa, Sabtu (24/8) di Gedung DPRD Kota Surabaya.

Posisi ketua dewan sementara ini diamanatkan pada Adi Sutarwijono dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan posisi wakil ketua diisi oleh Laila Mufidah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua DPRD Surabaya Sementara Adi Sutarwijono menjelaskan, dengan dipilihnya dirinya menjadi Ketua Dewan Sementara, ia akan menjalankan tugas sesuai dengan Tata Tertib DPRD Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 hingga terbentuknya ketua definitif.

“Maka tugas saya nanti akan otomatis selesai setelah ketua definitif nanti ditetapkan dan disahkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Adi yang biasa di sapa Awi ini usai pelantikan.

Menjadi ketua dewan sementara, Awi akan bertugas untuk memfasilitasi rapat-rapat, memfasilitasi terbentuknya fraksi-fraksi, memfasilitasi penyusunan tata tertib, dan memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif.

Selain itu, ia juga berusaha untuk sebaik mungkin memenuhi tugasnya sebagai ketua dewan dengan berkaca pada kepemimpinan sebelumnya, agar dapat bekerja dan bekerja sama dengan anggota legislatif lain dengan lebih baik. “Lima tahun ini pak Armuji luar biasa menggedor-nggedor kami di komisi-komisi untuk menyelesaikan raperda per raperda yang itu sudah harus diselesaikan,” tuturnya.

Menanggapi jika dirinya nanti tidak hanya menjadi ketua dewan sementara, namun juga akan menjadi ketua dewan definitif, dirinya mengaku akan menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada partai. “Semua masih menunggu, tidak tahu saya, saya ini hanya petugas partai saja,” urainya.

Sementara itu, Wali kota Surabaya Tri Rismaharini yang juga tampak hadir dalam pelantikan 50 anggota DPRD yang baru mengucapkan selamat atas terpilihnya anggota legislatif yang baru.

Risma menyampaikan selamat menjalankan tugas sebagai wakil rakyat kota Surabaya dengan baik sebagai anggota legislatif. Dia mengajak agar legislatif dan eksekutif serta yudikatif terus membangun sinergisitas kebersamaan membangun Surabaya lebih baik lagi kedepan. “Ayo kita bangun kekompakan bersama guna Surabaya yang lebih baik lagi,” papar Risma dalam sambutannya.

Di kesempatan lain, Laila Mufida yang baru saja ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Surabaya periode 2019-2024 mengatakan, ini merupakan amanah rakyat Surabaya yang terus kita jaga dengan baik. “Sebagai pemegang amanah masyarakat Surabaya jangan sampai tercederai dengan hal-hal yang kurang baik dimata masyarakat,” ujar Laila.

Pihaknya pun juga akan membangun komunikasi dengan berbagai kelengkapan dewan yang terbentuk nanti. Supaya ke depan 50 anggota dewan periode 2019-2024 bisa bekerja mengemban amanah rakyat Surabaya.

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia