Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Diperiksa Tersangka Korupsi Jasmas, Aden Dicecar 31 Pertanyaan

22 Agustus 2019, 17: 37: 46 WIB | editor : Wijayanto

Aden Darmawan

Aden Darmawan (DOK/JPNN)

Share this      

Surabaya - Darmawan kembali diperiksa penyidik Kejari Tanjung Perak  sebagai tersangka dalam kasus Jaring Apsirasi Masyarakat (Jasmas). Dalam kesempatan itu, tersangka dicecar sebanyak 31 pertanyaan. Pria yang kerap dipanggil Aden ini, diperiksa untuk melangkapi penyidikan.

Kepala Seksi Intelijen (Kasiintel) Kejari Tanjung Perak Lingga Nuarie, kader partai Gerindra ini ditanya seputar perannya dalam kasus ini. Pertanyaan lebih dipertajam dan dikerucutkan lagi dari pemeriksaan sebelumnya. Diantaranya, peran serta keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus ini.

“Tersangka datang sekitar pukul 10.00 dan selesai pukul 15.00. Hampir lima jam, tersangka didampingi tim penasehat hukumnya,” ungkap Lingga.

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi mengatakan tidak hadirnya tiga anggota DPRD Kota Surabaya, Ratih Retnowati, Dini Rijanti dan Syaiful Aidy tidak mempengaruhi Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tanjung Perak dalam merampungkan pemberkasan terhadap dua tersangka sebelumnya yaitu Sugito dan Aden.  

"Kini pemberkasan sudah mencapai 80 persen untuk kedua tersangka. Juga terhadap Binti Rochmah. Semoga di Bulan September bisa rampung dan segera dilimpahkan ke Pengadilan," ujarnya.

Dimaz berharap khususnya kepada tiga anggota DPRD lainnya itu untuk kooperatif dan memiliki itikad baik untuk memenuhi pemanggilan. Dimaz mengaku bahwa pihaknya juga menerima surat dari KPU. Surat itu mempertanyakan status hukum Ratih.

Sebab, dia sebagai anggota DPRD Surabaya yang terpilih kembali akan dilantik pada Sabtu (24/8) mendatang, penyidik jaksa langsung membalasnya dengan surat yang menyatakan kalau Ratih sudah berstatus tersangka. “Terkait hadir, dilantik atau tidaknya itu urusan KPU,” pungkasnya. (yua)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia