Sabtu, 21 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

2 Wafat, Jamaah Haji Gresik Pulang Awal September

21 Agustus 2019, 14: 37: 03 WIB | editor : Wijayanto

JAMAAH HAJI: Kemenag Gresik memastikan jamaah asal Gresik baru pulang ke Indonesia pada awal bulan mendatang.

JAMAAH HAJI: Kemenag Gresik memastikan jamaah asal Gresik baru pulang ke Indonesia pada awal bulan mendatang. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Jamaah haji asal Gresik diperkirakan pulang ke Indonesia pada awal September. Saat ini, jamaah masih melakukan rangkaian ibadah haji. Dari laporan yang masuk, dua jamaah Gresik meninggal di Arab Saudi.

Staf Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Gresik Lulus mengatakan sesuai dengan jadwal dari Kemenag jamaah haji Gresik mulai pulang ke Indonesia pada 4 September mendatang. Yakni, untuk kloter 55 dan kloter 56.

“Sedangkan untuk kloter 57 akan dipulangkan pada 5 September, kloter 58 pada 6 September. Kloter 59 pada 7 September,” ujarnya.

Dikatakan, hingga saat ini pihaknya sudah mendapatkan laporan ada dua jamaah haji yang meninggal di Arab Saudi. Yakni, Darno bin Tambah Tara jamaah kloter 55 dari Kedamean. Ia meninggal pada 7 Agustus lalu karena serangan jantung.

Menurutnya, Darno termasuk jamaah haji kategori resiko tinggi (risti) sejak dari tanah air. 

“Hanya ada laporan di grup saja. Untuk pastinya saat sedang apa dan dimana belum ada informasi,” ujarnya.

Kemudian, Zainul Afandi bin Muthohar jamaah kloter 58 warga Jalan Panglima Sudirman, Gresik. Ia dilaporkan meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit King Faishal Arab Saudi pada 17 Agustus lalu karena sakit. 

Untuk jamaah pihaknya dalam kondisi sehat. Meskipun di sana suhu mencapai 35 hingga 40 derajat. Belum lagi saat wukuf di Arafah sempat hujan lebat.

“Kondisi kesehatan jamaah selalu dikontrol tim medis. Batuk pilek memang banyak., namun bisa diatasi segera,” pungkasnya. (rof/han)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia