Selasa, 19 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Kios Bensin Terbakar, Ini yang Membuat Petugas PMK Surabaya Panik

19 Agustus 2019, 22: 56: 20 WIB | editor : Wijayanto

HANGUS: Kios bensin yang habis terbakar.

HANGUS: Kios bensin yang habis terbakar. (YUAN ABADI/RADAR SURABAYA)

Share this      

Surabaya- Kebakaran yang memicu kepanikan petugas  pemadam kebakaran (PMK) kota Surabaya terjadi pada Minggu  dinihari (18/8) WIB. Meski hanya kios bensin, namun di lokasi kebakaran itu terdapat aliran pipa gas milik PT Petrokimia Gresik.  Diduga kebakaran tersebut dipicu oleh arus pendek listrik yang menyambar belasan botol yang berisi bensin.

Kebakaran itu terjadi di Jalan Raya Simpang Darmo Permai Utara,Dukuh Pakis, Surabaya. Sekitar pukul 02.30, petugas menerima  laporan adanya api membara di jalan tersebut. Mengetahui objek kebakaran adalah kios bensin, petugas lantas menerjukan sepuluh unit mobil PMK.

Namun proses pemadaman sedikit terkendala, sebab mobil PMK terhalang oleh portal sehingga harus mencari alternatif jalan lain.  Sedangkan, petugas harus berlomba dengan waktu. Selain karena bensin, di tempat kios itu terdapat  pipa aliran gas. Dikhawatirkan kebakaran itu bisa memicu ledakan.

Setelah tiba di lokasi petugas berjibaku dengan api. Meski area kebakaran kecil, namun butuh sekitar 15 menit untuk menguasi api. Hal itu terjadi lantaran saat terjadi kebakaran, terdapat beberapa botol bensin yang belum terjual.

“Diduga pemicu kebaran adalah korsleting listrik. Sebab lampu di kios itu selalu menyala. Percikan api diduga menyambar bensin hingga terjadi kebakaran,” ungkap Kabid Operasional PMK, Bambang Vistadi.

Bambang mengatakan tak ada korban dari persitiwa tersebut. Sebab, Surip, pemilik kios sedang tidak berada di kios tersebut. Sudah dua hari  Surip pulang kampung. “Pemilik sudah tiga hari pulang kampung. Bisanya kios itu memang ditempati pemilik untuk tidur sambil menjaga kios tersebut.  Namun pada saat terjadi kebakaran, kondisinya kosong,” Pungkas Bambang. (yua/rak)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia