Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Andre Su Diminta Bantu Jadi Penghubung Indonesia dan Tiongkok

19 Agustus 2019, 17: 57: 36 WIB | editor : Wijayanto

Staf ITCC Andre Su

Staf ITCC Andre Su

Share this      

SEJAK awal reformasi Andre Su aktif mengembangkan pendidikan bahasa Mandarin di Surabaya. Dia kemudian berusaha mencari beasiswa untuk calon mahasiswa di tanah air yang ingin kuliah di Tiongkok. Sudah ratusan mahasiswa yang lulus dari kampus-kampus di Tiongkok dan Taiwan.

"Program beasiswa ke Tiongkok masih jalan. Bahkan, kami sekarang lebih banyak mencari calon mahasiswa dari luar Jawa," kata Andre kemarin.

Gara-gara sering bolak-balik ke Tiongkok, belakangan staf Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC) itu sering dimintai bantuan pengusaha negeri tirai bambu itu. Mereka ingin menjalin hubungan bisnis dengan pengusaha-pengusaha di Jawa Timur. "Mereka sangat senang dipertemukan dengan UKM-UKM di Jatim," katanya.

Menurut dia, Tiongkok dengan populasi terbesar di dunia merupakan pasar yang sangat besar. Tentu saja mereka sangat membutuhkan produk-produk dari negara lain, khususnya Indonesia. "Selama ini produk Indonesia seperti makanan dan kecantikan sangat terkenal di Tiongkok," katanya. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia