Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Dishub Uji Coba Rute Baru MERR, Target Satu Juta Penumpang

19 Agustus 2019, 17: 34: 33 WIB | editor : Wijayanto

GRATIS: Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajat memberikan suguhan minuman kepada penumpang saat uji coba rute baru Suroboyo Bus di Jalur MERR.

GRATIS: Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajat memberikan suguhan minuman kepada penumpang saat uji coba rute baru Suroboyo Bus di Jalur MERR. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya telah melakukan uji coba rute Suroboyo Bus di Jalur Middle East Ring Road (MERR),  Sabtu (17/8). Dilakukannya uji coba tersebut karena adanya permintaan warga Gunung Anyar untuk adanya angkutan massal di kawasan tersebut. 

Selain itu, dilaunchingnya rute baru pada Jalur  MERR ini digunakan untuk mengantisipasi adanya penumpukan lalu lintas di Jalur Lingkar Luar Timur (JLLT) . Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad menjelaskan, penyediaan moda alternatif angkutan umum tersebut sudah kewajiban bagi Dishub. 

“Jadi, kalau masyarakat tidak ingin terjebak macet maka kami imbau untuk menggunakan alat transportasi bus ini. Apalagi sebentar lagi jalur MERR yang dua arah dari Sidoarjo sudah akan dibuka, maka itu kita antisipasi dengan Suroboyo Bus. Sementara ini kita uji coba empat unit dulu,” kata Irvan.

Pengenalan sekaligus sosialisasi tersebut dilakukan secara bertahap di Jalur MERR sepanjang 27 kilometer. Irvan juga menjelaskan, estimasi ketepatan waktu dari keempat unit Suroboyo Bus tersebut juga dipercepat jika demand (peminat) di kawasan ini semakin banyak.

“Demand-nya banyak bisa lebih cepat, yang tadinya 30-25 bisa kita percepat menjadi 20 bahkan bisa menjadi 10 menit. Pulang – pergi (PP) itu 27 km, dari Jalan Arif Rahman Hakim hingga ke kawasan Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran, jelasnya. 

Irvan juga menegaskan, Suroboyo Bus tersebut disediakan juga untuk anak-anak sekolah yang masih belum memiliki SIM. Karena jalur MERR juga terdapat beberapa sekolah, kampus, pasar, dan mall. “Jadi yang utama itu keselamatan, kedua untuk mengurangi kemacetan, dan ketiga upaya dari mengurangi polusi,” tegasnya. 

Idealnya, lanjut dia, jalur MERR nantinya akan di sediakan setidaknya 15-20 unit baru Suroboyo Bus. Namun saat ini masih bertahap untuk penyediaan sarana unit bus.

Saat ini koneksi Suroboyo Bus tersebut sudah ada tiga koridor, di antaranya timur ke barat, utara ke selatan, dan Jalur MERR. “Nah ini bisa oper dari arah mana saja, selama dua jam tiketnya masih berlaku,” tuturnya. 

Seiring banyaknya peminat Suroboyo Bus, Sabtu (17/8) yang bertepatan Peringatan HUT ke-74 RI, Dishub Surabaya juga melakukan syukuran pencapaian target penumpang per Juli lalu mencapai satu juta. Dengan ditandai pemotongan tumpeng, selaku Kepala Dinas, Irvan melepas keberangkatan uji coba rute jalur MERR. 

Usai melepas keberangkatan, Irvan dan segenap tim dari Dishub Surabaya turut berkeliling menjajal rute baru bus berwarna merah itu. “Iya kita coba dulu untuk rute ini, Alhamdulillah ternyata banyak penumpang yang sudah menunggu di bus stop sepanjang Jalur MERR,” kata Irvan. (gin/opi)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia