Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Beri Penghargaan Pegawai Berprestasi, KPU Minta PNS Punya Inovasi

19 Agustus 2019, 16: 55: 18 WIB | editor : Wijayanto

BERPRESTASI: Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman (kanan) saat menyerahkan penghargaan kepada salah satu PNS.

BERPRESTASI: Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman (kanan) saat menyerahkan penghargaan kepada salah satu PNS. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo memberikan penghargaan kepada PNS bereprestasi KPU Kabupaten Sidoarjo tahun 2019. Setidaknya ada dua orang yang menerima penghargaan tersebut. Mereka adalah Yuni Rismawati dan Nur Jainuri. Kedua PNS tersebut dianggap berprestasi dalam kinerjanya.

Yuni Rismawati merupakan PNS dengan golongan IIId atau penata tingkat I. Dia juga menjabat sebagai kepala sub bagian program dan data. Sementara Yuni Rismawati merupakan PNS dengan pangka IIIc. Dia menjabat sebagai penyusun alokasi dan pelaporan barang kebutuhan pemilu.

Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman menuturkan, sebelum penghargaan itu diberikan, pihaknya telah melakukan serangkaian penilaian kepada para PNS. Setidaknya ada delapan aspek yang dinilai. Di antaranya, orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama, kepemimpinan, inovasi dan komunikasi. “Jadi penilaiannya berdasarkan delapan aspek itu,” katanya kepada Radar Sidoarjo.

Terkait aspek orientasi pelayanan, ada dua poin yang dinilai. Pertama kecepatan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Kedua, keberhasilan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Sementara aspek kedisplinan penilaiannya adalah ketepatan waktu yang diberikan dan ketaatan pada peraturan.

Selain itu, aspek inovasi juga manjadi salah satu aspek yang dinilai. Setidaknya ada lima poin yang dilihat. Di antaranya memiliki wawasan yang luas, berani melakukan perubahan, kemampuan mengungkapkan gagasan, inisiatif dan kreatif. Aspek tersebut menjadi salah satu poin yang menjadi perhatian KPU Sidoarjo. “Inovasi itu penting, sehingga dapat melakukan terobosan-terobosan baru,” terang Sulaiman.

Dia menambahkan, penilaian lainnya adalah sikap ramah, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak hingga kejelasan dalam memberikan informasi. Semua itu kata Sulaiman masuk dalam aspek komunikasi. Sebab, kemampuan komunikasi yang baik merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan dalam upaya memberikan motivasi kepada para PNS yang ada di lingkungan KPU. Harapannya, mereka dapat meningkatkan kinerjanya. Mengingat, KPU Sidoarjo akan mulai disibukkan dengan persiapan pilkada Sidoarjo tahun mendatang. “Penghargaannya kita berikan saat upacara bendera, pada 17 Agustus kemarin,” paparnya. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia