Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Meriahnya Gelam Exotic Carnival Rayakan HUT Kemerdekaan RI

19 Agustus 2019, 16: 40: 25 WIB | editor : Wijayanto

KENANG PAHLAWAN: Iring-iringan karnaval saat melintasi Jalan Raya Candi.

KENANG PAHLAWAN: Iring-iringan karnaval saat melintasi Jalan Raya Candi. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Luar biasa antusiasme, gotong-royong dan kreativitas para warga di Desa Gelam Kecamatan Candi dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI). Semua RT mengadakan berbagai perlombaan dan menggelar rangkaian kegiatan lainnya.

Puncak peringatan HUT ke-74 RI di Desa Gelam, digelar Minggu (18/8). Di pagi hari, kemeriahan perayaan ada di RT 5 RW 02. Warga berdandan dan memakai pamakaian unik untuk mengikuti jalan sehat dan karnaval.

Sedangkan di RT 5 RW 02 dibuat khusus. Jalan sehatnya dibuat dengan kegiatan karnaval. Terinspirasi dari karnaval yang diadakan desa tahun lalu. “Maka kami berinisiatif di RT untuk membuat acara yang serupa,” kata Ketua Panitia Joko Prasetyono.

Karnaval tersebut bertajuk Gelam Exotic Carnival. Sebanyak 70 kelompok mengikuti karnaval kemarin pagi. Ada yang memakai kostum festival dengan aksesoris sayap yang lebar dan besar, ada yang memakai kostum daur ulang dari plastik dan kertas bekas, ada juga yang berkostum aparat keamanan.

Untuk menilai pemenangnya, indikatornya kekompakkan, kesesuaian materi dan temanya, serta keunikan dan kebersamaan dari masing-masing kelompok yang ada.

Di siang hari pukul 13.00, bertempat di sungai kolam pancing Gelam Bangkit di RT 10 RW 03, dilaksanakan lomba pancing yang diikuti lebih dari 300 peserta dari dalam dan luar Desa Gelam. 

Kepala Desa Gelam Muhammad Muslich mengatakan, total berat lele adalah 5 kuintal. “Dua kuintal lele dengan bobot tiga sampai lima kg dan lele dengan berat dua kg sebanyak tiga kuintal,” ujar Kades berambut gondrong itu.

Samsul Ibad warga Desa Pecabean keluar menjadi pemenang dan berhak membawa pulang satu unit motor matic. Ada pula hadiah kulkas, LED TV dan sepeda gunung untuk pemenang lainnya.

“Kegiatan ini setiap tahun sekali, yang disakralkan untuk ikut dalam arti menjaga kemerdekaan itu dan juga berterima kasih pada para pahlawan,” tegasnya. (rpp/nis)

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia