Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Kenapa Pelaku Teror Polsek Wonokromo Bisa Nekat?

IM Terpapar Paham Radikal dari Musala Sekolah Anaknya

19 Agustus 2019, 14: 17: 34 WIB | editor : Wijayanto

MARTIR: Pelaku Imam Musthofa alias Pak Ali dan beberapa sajam, senjata serta perkakas yang ditemukan dari dalam tasnya saat melakukan serangan ke Polsek Wonokromo.

MARTIR: Pelaku Imam Musthofa alias Pak Ali dan beberapa sajam, senjata serta perkakas yang ditemukan dari dalam tasnya saat melakukan serangan ke Polsek Wonokromo. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Imam Musthofa (IM), 31, terduga teroris yang menyerang anggota Polsek Wonokromo, Aiptu Agus Sumarsono, Sabtu (17/8), mulai berubah perilakunya sejak ikut pengajian di salah satu musala sekolah di sekitar tempat tinggalnya. Pria kelahiran Sumenep, Madura, ini makin tertutup. Diduga kuat, IM sudah terpapar paham radikal.

"Imam itu mulai berubah perilakunya dua tahun belakangan. Dia ikut pengajian di salah satu musala sekolah anaknya," ungkap salah satu tetangga pelaku, Ahmad, kepada Radar Surabaya.

Di Jalan Sidosermo IV Gang I, Imam Musthofa lebih dikenal dengan nama Pak Ali. Ali adalah nama anak keduanya. Ia tinggal di rumah kos milik Taufik di Jalan Sidosermo IV Gang I Nomor 10 A, sejak lima tahun lalu. "Dia penghuni kos paling lama di situ. Bersama istri dan tiga anaknya," bebernya.

Anak pertamanya perempuan. Saat ini kelas dua di sekolah swasta tak jauh dari kosnya. Anak kedua laki-laki, masih taman kanak-kanak (TK). Sementara anak ketiganya laki-laki, usia tiga tahun.

Ahmad menambahkan, dulu Imam dikenal sebagai orang yang baik. Jika bertemu seseorang, ia selalu menyapa. Saat diundang untuk tahlilan, Ali pun hadir.

Tapi semenjak dua tahun belakangan, Ahmad tidak pernah mengundang pelaku. Sebab, perilaku Pak Ali ini berubah total. Pria kelahiran Sumenep, 15 Juli 1988 itu seperti terpapar paham radikal dan tak mau bersosialisasi dengan warga. (rus/rek)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia