Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

15 Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya Student Exchange ke RMUTK Thailand

18 Agustus 2019, 16: 19: 45 WIB | editor : Wijayanto

FOTO BERSAMA: Ketua STIE Perbanas Surabaya Dr. Yudi Sutarso, SE., Mi (duduk empat dari kiri) dan Head of International Afffairs Dr. Rovila El Maghviroh M.Si. Ak, (duduk tiga dari kanan) berfoto bersama 15 mahasiswa program

FOTO BERSAMA: Ketua STIE Perbanas Surabaya Dr. Yudi Sutarso, SE., Mi (duduk empat dari kiri) dan Head of International Afffairs Dr. Rovila El Maghviroh M.Si. Ak, (duduk tiga dari kanan) berfoto bersama 15 mahasiswa program (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Upaya STIE Perbanas Surabaya untuk mewujudkan visi kampus berwawasan global terus dilakukan. Usai mengirimkan tiga mahasiswa ke Summer School Program di Utrecht University The Netherlands dan 13 mahasiswa dan empat dosen ke Mountain Province State Polytechnic College (MPSPC) Phillipines, maka Senin (19/8), STIE Perbanas bakal memberangkatkan 15 mahasiswanya untuk student exchange ke Rajamanggala University of Technology Krungthep (RMUTK) Thailand. 

Head of International Afffairs STIE Perbanas Surabaya Dr. Rovila El Maghviroh M.Si. Ak menjelaskan, selama kurang lebih 1 bulan (19 Agustus-13 September), 15 mahasiswa dari beberapa program studi (prodi) ini akan mengikuti perkuliahan di RMUTK.

"Jadi, program student exchange ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa semua prodi dari prodi diploma sampai magister," katanya.

BEASISWA: Salah satu penerima beasiswa program student exchange STIE Perbanas Surabaya yang akan mengikuti perkuliahan di RMUTK Thailand.

BEASISWA: Salah satu penerima beasiswa program student exchange STIE Perbanas Surabaya yang akan mengikuti perkuliahan di RMUTK Thailand. (ISTIMEWA)

"Untuk yang berangkat kali ini dari Program Diploma III ada dua orang, Program Sarjana ada 10 orang (Akuntansi enam orang, Manajemen tiga orang, dan Ekonomi Syariah satu orang), serta yang Program Magister ada tiga orang," tuturnya saat ditemui di sela acara seremonial pelepasan student exchange, Jumat (16/8). 

Kerja sama dalam bidang pendidikan antara STIE Perbanas Surabaya dengan RMUTK sendiri telah disahkan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pada April lalu.

Usai penandatanganan MoU, pihak RMUTK mengirimkan jenis-jenis mata kuliah (matkul) yang nantinya dapat dipilih oleh mahasiswa STIE Perbanas Surabaya selama perkuliahan. 

Mahasiswa boleh pilih sendiri matkul yang ditawarkan oleh RMUTK. Tentunya matkul yang dipilih harus yang sesuai dengan jurusan dan minat mahasiswa.

Contohnya, mahasiswa Prodi Sarjana Akuntansi bisa memilih cost accounting atau intermediete accouting di pilihannya, jelas Rovila. Untuk jumlah matkul, dia menyebut mahasiswa dapat memilih tujuh mata kuliah atau setara 21 sks.

Selama kurang lebih lima bulan persiapan student exchange, 15 mahasiswa ini telah mengikuti proses seleksi yang ketat. Mulai dari pengiriman motivation letter, Bahasa Inggris, focus group discussion, hingga wawancara.

"Berhubung yang mendaftar program ini lumayan banyak, maka kami benar-benar melakukan seleksi. Seperti apa motivasi mahasiswa mengikuti program ini, bagaimana kemampuan berbahasa inggrisnya, dan lain sebagainya," tukas Rovila.

Usai terpilih, mahasiswa juga masih diberikan pembekalan tidak hanya tentang akademik namun juga kebudayaan.

Sementara itu Ketua STIE Perbanas Surabaya Dr. Yudi Sutarso, SE., M,Si mengatakan, kerja sama dengan universitas luar negeri menjadi bukti pihaknya ingin membekali para mahasiswanya agar berwawasan global sesuai visi misi kampus.

"Selain Utrecht, Filipina, dan Thailand, kami akan terus menjajaki universitas-universitas terbaik yang ada di dalam maupun luar negeri," katanya

Harapannya semoga mahasiswa dapat mengambil pembelajaran selama perkuliahan di sana yang nantinya dapat dibagikan ke teman-teman mereka yang ada di STIE Perbanas Surabaya. (rul/nin)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia