Sabtu, 21 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Siapkan Rp 54 M, Gratiskan Pengobatan Kelas III di RS Ibnu Sina

17 Agustus 2019, 14: 13: 20 WIB | editor : Wijayanto

ANTRE: Ruang tunggu pelayanan di RSUD Ibnu Sina.

ANTRE: Ruang tunggu pelayanan di RSUD Ibnu Sina. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – DPRD Kabupaten Gresik berencana menggratiskan biaya pengobatan kelas III Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina. Saat ini, dewan masih membahas anggaran yang akan disiapkan untuk merealisasikan rencana tersebut. 

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Gresik Noto Utomo mengatakan rencana tersebut sudah dibahas bersama Tim Anggaran (Tim-Ang).

Rencananya akan direalisasikan pada 2020 mendatang. “Sudah dalam pembahasan. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 54 miliar,” ujarnya.

Dikatakan, jika rencana ini berhasil direalisasikan maka warga Gresik tidak perlu khawatir untuk berobat. Sebab, baik orang kaya maupun miskin kalau mau dirawat di kelas III dipastikan gratis.

“Yang penting kelas III. Kalau mau kelas II ya silahkan bayar sendiri. Kalau kelas III meskipun kaya tetap ditanggung pemerintah,” ungkap dia.

Kebijakan ini sebenarnya sudah banyak dilakukan daerah-daerah lain. Dan ini sangat menjamin kesehatan masyarakat bisa terlayani dengan baik. “Kenapa tidak. Kebutuhan anggarannya juga tidak terlalu besar,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Gresik dr Endang Puspitowati mengatakan memang ada rencana untuk menggratiskan pengobatan kelas III.

Tetapi, saat ini masih dalam proses kajian bersama. “Iya, sudah disiapkan cengkorongan anggarannya. Tapi masih dilakukan proses pengkajian,” ujarnya.

Proses pengkajian ini terkait dengan bagaimana mekanisme program tersebut bisa dijalankan. Serta apakah hanya untuk rumah sakit umum atau juga swasta. “Masih dikaji dulu,” imbuhnya saat dikonfirmasi wartawan. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia