Selasa, 19 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya
Sambut Perayaan Kemerdekaan RI

Polrestabes Bangun Gapura Cinta Negeri

17 Agustus 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

ADA FILOSOFINYA: Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho (depan tengah) dan jajarannya berfoto di depan Gapura Cinta Negeri yang dibuat oleh a

ADA FILOSOFINYA: Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho (depan tengah) dan jajarannya berfoto di depan Gapura Cinta Negeri yang dibuat oleh anggota Polrestabes Surabaya. (HUMAS POLRESTABES SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Semarak kemerdekaan begitu terasa di Mapolrestabes Surabaya. Hal itu terlihat dari berdirinya Gapura Kemerdekaan yang megah dan melambangkan semangat kemerdekaan. 

Uniknya, gapura tersebut dibuat oleh tangan kreatif anggota Polrestabes Surabaya yang didahului dengan selamatan. Gapura sengaja dibuat untuk menyambut HUT RI ke-74, dan mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Dalam Negeri ini dimulai tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus 2019.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simarmata yang menggerakkan anggota untuk membangun gapura.

"Gambar tangan menggenggam bendera merah putih mempunyai arti bahwa Indonesia benar-benar mengukuhkan telah merdeka selama 74 tahun. Kemerdekaan benar-benar telah dirasakan oleh segala lapisan rakyat Indonesia," ujar Sandi di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (16/8). 

Sandi menambahkan, Indonesia selama ini sudah benar-benar mandiri. Baik dalam hal ekonomi, teknologi, seni dan budaya. Tak hanya itu, menurut Sandi, Indonesia saat ini mampu mengokohkan posisinya dunia internasional, sebagai negara yang kuat. 

"Hal ini sesuai dengan slogan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 tahun 2019, yakni SDM unggul, Indonesia Maju," tegas Alumnus Akpol tahun 1995 peraih Adhimakayasa itu.

Mantan Kapolrestabes Medan itu menjelaskan, untuk makna motif batik yang ada di gapura sengaja ditambahkan supaya menarik dan menampilkan kesan Indonesia Banget. "Surabaya adalah bagian dari Jawa Timur. Jawa Timur adalah bagian dari pulau Jawa. Salah satu kekhasan produk dari masyarakat Jawa adalah kain batik. Keindahan kain batik tidak dipungkiri lagi telah memukau dunia," tandasnya. (rus/nur)

(sb/rus/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia