Sabtu, 21 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Jamaah Haji Kloter 1,2 dan 3 akan Tiba Minggu Lusa

16 Agustus 2019, 18: 34: 53 WIB | editor : Wijayanto

SAMBUT JAMAAH: Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Tanjung Perak, Surabaya, melakukan pengasapan (fogging) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

SAMBUT JAMAAH: Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Tanjung Perak, Surabaya, melakukan pengasapan (fogging) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Menjelang kedatangan jamaah haji Debarkasi Surabaya, Asrama Haji Debarkasi Surabaya melakukan fogging atau pengasapan yang dilakukan pada Kamis (15/8). Fogging tersebut dilakukan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 

Menurut Kepala Seksi Sanitasi dan Dampak Risiko Lingkungan KKP Kelas 1 Surabaya, dr Bangun Cahyo Utomo, fogging tersebut untuk mengurangi risiko penularan penyakit akibat gigitan nyamuk demam berdarah.

“Sehingga dengan diadakan fogging, nyamuk aides aigepti tidak ada di asrama haji. Sehingga jamaah waktu datang, (nyamuk, red) tidak menularkan faktor resiko penyakit yang ditukarkan nyamuk tersebut, seperti demam berdarah atau yellow fever yang menjadi perhatian dunia," katanya.

Bangun mengungkapkan bahwa fogging tersebut sudah dilakukan sebanyak enam kali selama musim haji tahun 2019. Masing-masing saat menjelang kedatangan calon jemaah haji, setiap akhir pekan selama calon jemaah haji berada di asrama, dan jelang kepulangan.

"Ada kaitannya dengan kepulangan jemaah. Untuk mempersiapkan kedatangan haji. Jadi tidak hanya berangkat saja kita lakukan pengawasan lingkungan. Jadi saat kepulangan pun kita lakukan pengamatan," jelasnya.

Berkat pengasapan ini, tercatat tak ada satupun jemaah di asrama ini yang dilaporkan terkena penyakit demam berdarah. Untuk satu kali fogging, KKP biasanya menerjunkan empat personel. Masing-masing dua petugas fogging dan dua pengawas. 08.12

Dari jadwal yang dihimpun Radar Surabaya, kedatangan jamaah haji pada Minggu (18/8) yakni kloter 1 yang berasal dari Magetan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Juanda, Surabaya di Sidoarjo, pada pukul 03.35 dan masuk Asrama Haji Debarkasi Surabaya pada pukul 05.30.

Sedangkan kloter 2  yang berasal dari Ngawi, Ponorogo, dan Surabaya akan tiba di Juanda 05.35 dan masuk Asrama Haji Debarkasi Surabaya pada pukul 08.00, dan kloter 3 yang berasal dari Ponorogo tiba di Juada pukul 9.05 dan masuk Asrama Haji Debarkasi Surabaya pada pukul 12.00.

Sementara itu Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Jamal menjelaskan bahwa kedatangan jamaah haji dari tanah suci selama berada di Debarkasi Surabaya hanya melewati pemeriksaan paspor dan pemeriksaan kesehatan.

“Jamaah haji nanti ketika datang di sini (Debarkasi Surabaya) tidak menginap hanya melewati pemeriksaan paspor, dan pemeriksaan kesehatan. Namun apabila diketahui ada yang sakit nantinya kami akan periksa terlebih dahulu di Debarkasi,”terangnya.

Dirinya juga berharapa jamaah haji dalam kondisi kesehatan yang prima sehingga bisa langsung pulang ke daerahnya masing-masing. “Kami berharap kondisi kesehatan jamaah baik-baik saja, ya kami tunggu kedatangannya di tanah air, semoga sehat semua, dan kembali kedaerah tidak ada kendala apapun,”pungkasnya. (rmt/rud)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia