Sabtu, 21 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Asuransi Ternak Gresik Capai Pertumbuhan

16 Agustus 2019, 00: 10: 10 WIB | editor : Wijayanto

DIMINATI: Program asuransi ternak di Kabupaten Gresik ternyata cukup banyak.

DIMINATI: Program asuransi ternak di Kabupaten Gresik ternyata cukup banyak. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Pertanian Kabupaten Gresik menyebutkan peminat Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) di Gresik menunjukkan pertumbuhan. Sementara pebisnis asuransi BUMN mendorong program perlindungan bagi ternak. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Eko Anindito Putro mengatakan, realisasi AUTS selama beberapa tahun terakhir menunjukkan tren positif. Kendati memang butuh terus didorong.

"Kendala di lapangan, masih banyak petugas yang belum memahami pendaftaran melalui aplikasi online, tidak sedikit pula petugas dinas kabupaten yang belum dapat mengunggah SK DPD ke aplikasi yang telah disiapkan," tuturnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya terus mengencarkan sosialisasi aplikasi SIAP milik Kementan kepada peternak dan penyuluh.  "Karena dengan aplikasi ini bisa memudahkan peternak untuk mengikutkan sapi atau kerbaunya ke program AUTS," tandasnya. 

Perwakilan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Gresik dan Lamongan, Ria Mariana keikutsertaan AUTS tahun ini cukup tinggi. Bahkan, sudah banyak peternak yang mengajukan klaim atas sapinya. 

"Sapi itu memang rentan. Jadi Kalau dia salah makan, keracunan, jatuh lalu patah tulang, kita cover. Kita juga mengcover pencurian, tetapi yang pencurian tidak banyak, kebanyakan itu karena penyakit," imbuhnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia