Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Raih 15 Kursi, PDIP Mayoritas di DPRD Surabaya, PSI Jadi New Comer

14 Agustus 2019, 17: 10: 32 WIB | editor : Wijayanto

SAH: Rapat Pleno KPU Surabaya untuk penetapan perolehan kursi DPRD Surabaya.Surabaa kota kpu surabaya

SAH: Rapat Pleno KPU Surabaya untuk penetapan perolehan kursi DPRD Surabaya.Surabaa kota kpu surabaya (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Seperti hitung-hitungan sebelumnya, kursi dewan terbanyak kembali diraih oleh Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) dengan 15 kursi. Kursi yang diraih partai berlambang banteng moncong putih itu dari dapil 1 sampai 5 masing-masing tiga kursi. Sehingga total 15 kursi.

Usai penetapan perolehan kursi, Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengungkapkan rasa syukur atas hasil yang diraih partainya. Menurut dia, peraihan hasil tersebut merupakan hasil kerja kolektif seluruh partai. "Kami bersyukur atas penetapan KPU Kota Surabaya, yang hasilnya menempatkan PDI Perjuangan sebagai peraih kursi mayoritas di DPRD Surabaya," kata pria yang akrab disapa Awi itu.

Namun, dalam penyusunan alat-alat kelengkapan lain, di komisi-komisi dan badan-badan DPRD Surabaya, PDIP akan mengajak partai-partai politik lain untuk membangun koalisi strategis. "Kita nantinya akan ajak gabung partai lain untuk berkoalisi dan bekerja sama," ungkap Awi.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga tak mau kalah dengan PDIP. Partai yang mayoritas adalah kaum muda ini telah mempersiapkan jurus jitu untuk melanjutkan program-program anggota dewan sebelumnya. Meskipun partai baru, PSI mampu meraih empat kursi dalam pemilihan legislatif (pileg) 2019.
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Surabaya William Wirakusuma menjelaskan, di awal kerjanya, PSI akan membantu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bekerja di lapangan. Ini agar Surabaya bisa lebih keren lagi. "Kami akan bantu Bu Risma ngecek di lapangan. Sebab, Ibu kan baru saja sembuh dari sakitnya," kata William.

Ia menegaskan, program eksekutif yang sudah berjalan bagus perlu ditingkatkan lagi. Program tersebut, antara lain, pengelolaan sampah, manajemen transportasi, dan lalu lintas. PSI juga menyiapkan ide-ide baru lain untuk kemajuan Kota Pahlawan. (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia