Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Pakde Karwo Mundur, PD Ingin Khofifah dan Emil Gabung Demokrat Jatim

13 Agustus 2019, 18: 25: 37 WIB | editor : Wijayanto

DUO PD JATIM: Soekarwo dan Renville Antonio.

DUO PD JATIM: Soekarwo dan Renville Antonio. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur menunggu adanya Plt Ketua. Pasalnya, diketahui Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Timur Soekarwo, telah mundur dari jabatannya.

“Surat pengunduran diri Pakde Karwo bahkan telah disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada Mei lalu. Pakde Karwo sudah lama berkirim surat (pengunduran diri, Red) ke DPP dan saat ini sedang berproses di DPP,” kata Sekretaris DPD Demokrat Jatim Renville Antonio..

Renville mengatakan, dalam waktu dekat DPP akan menunjuk seorang Plt sebagai pelaksana tugas ketua DPD Demokrat Jatim menggantikan Pakde Karwo. Plt akan  berasal dari pejabat di struktur DPP.

“Berdasarkan aturan partai, plt berasal dari pejabat struktur yang satu tingkat di atasnya. Maka karena ini menggantikan DPD, maka plt berasal dari DPP,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi C DPRD Jatim ini mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP terkait penunjukan Plt Ketua Demokrat Jatim. Pihaknya tidak tahu siapa yang akan ditunjuk sebagai Plt  pasalnya sampai saat ini juga belum ada nama yang muncul.

“Saat ini kami masih menunggu siapa yang akan jadi plt. Siapapun plt kami akan patuh dan optimis tidak akan mengganggu kinerja partai. Kami optimistis, Demokrat Jawa Timur akan tetap solid di bawah kepemimpinan plt tersebut,” paparnya.

Saat ditanya seperti apa sosok Ketua DPD Partai Demokrat, Renville mengatakan kalau dulunya ketua partainya sebagai Gubernur Jatim, kedepan minimal harus memiliki jabatan publik yang cukup signifikan. “Karena ini bagian dari simbol partai. Kami juga berharap kader muda ini juga muncul. Yang pasti kalau ketua harus dari kader partai bukan luar partai,” katanya.

Saat ditanya terkait pengunduran diri Pakde Karwo, Renville menjelaskan bahwa DPP belum memberikan jawaban atas pengunduran diri tersebut. Artinya, lanjut Renville, Pakde Karwo masih menjadi bagian dari struktur DPD Demokrat Jawa Timur.  

Renville berharap agar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakilnya Emil Elestianto Dardak, bisa bergabung ke DPD Partai Demokrat. Ia melihat kedua sosok tersebut tidak berpartai. “Jadi tidak ada salahnya kalau beliau berdua gabung ke Demokrat,” pungkasnya. (mus/opi)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia