Kamis, 22 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Diajak Bezuk Malah Bobol Rumah Tetangga

13 Agustus 2019, 15: 04: 00 WIB | editor : Wijayanto

APES: Tersangka Derry.

APES: Tersangka Derry. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Diajak besuk teman yang sakit, malah memanfaatkannya untuk melakukan pencurian. Ini yang dilakukan tersangka Derry Virgowanto alias Derry, 36, warga Dusun Cangkring, Kelurahan Sidokare, Sidoarjo.

Derry ini memanfaatkan momen saat mengantar temannya besuk ke rumah di jalan Kalibokor. Ketika temannya besuk, ia langsung melancarkan aksi di rumah Ashuri, 36, warga Jalan Kalibokor II, Gubeng. Ia mengambil dua ponsel milik korban, beruntung aksinya ketahuan dan dilaporkan ke Polsek Gubeng.

Kejadian tersebut bermula ketika tersangka diajak oleh Anthony membesuk teman keduanya yang sedang sakit di Kalibokor II, Gubeng. Tersangka mengiyakan ajakan tersebut dan bertemu di depan GOR Delta Sidoarjo.

Sesampainya di lokasi, Anthony langsung masuk membesuk temannya Wayan. Ia masuk ke dalam rumah dan sempat mengajak tersangka. “Namun tersangka tidak juga masuk melainkan seperti orang kebingungan saat itu,” kata Kanitreskrim Polsek Gubeng AKP Oloan Mannulang, kemarin (12/8).

Teman korban tidak mencurigai apapun, ia tetap masuk dan membesuk temannya Wayan yang sedang sakit. Saat mereka mengobrol ternyata tersangka jalan-jalan di sekitar gang tersebut. Tersangka melihat ada peluang, ia menemukan rumah korban yang saat itu sedang kosong.

Tersangka masuk dan dengan mudahnya membuka pintu rumah yang tidak terkunci. “Tersangka masuk saja ke rumah korban. Saat itu (korban,Red) sedang keluar sebentar,” terangnya.

Tersangka berhasil masuk rumah korban dan mencari barang berharga. Ia menemukan dua buah ponsel milik korban yang ditaruh di ruang tamu. Pelaku lalu memasukkan ponsel tersebut ke dalam kantong celananya kemudian keluar dari rumah korban dengan menutup pintu rumah tersebut.

Tersangka lantas kembali lagi ke rumah Wayan dan menjenguk temannya tersebut. “Korban melihat saat tersangka keluar rumah, saat dicek ke dalam, ponselnya sudah raib,” tuturnya.

Korban yang mengetahui tersangka keluar dari rumahnya langsung mengejarnya. Ia melihat tersangka masuk ke rumah tetangganya Wayan. Langsung saja ia masuk dan menanyakan pada tersangka terkait ponselnya yang hilang.

Anthony dan Wayan sempat terkejut dan mengaku tidak tahu menahu. Setelah digeledah ternyata tersangka Derry yang mengambil ponsel tersebut. Tersangka mengakui mengambil kesempatan untuk mencuri sebelum membesuk temannya itu.

Akhirnya tersangka langsung dibawa ke Polsek Gubeng untuk penyelidikan lebih lanjut. “Pengakuannya baru sekali namun ini masih kami selidiki lagi. Dari caranya beraksi tersangka sepertinya sudah beberapa kali melakukannya,” terangnya. (gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia