Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU dan Bawaslu RI Ikut Awasi PSSU di 3 TPS Dapil 4 Surabaya

13 Agustus 2019, 14: 58: 23 WIB | editor : Wijayanto

LANCAR: Ketua KPU RI Arief Budiman (dua dari kiri) dan Komisioner Bawaslu RI Mochammad Affifudin (tiga dari kiri) ikut mengawasi jalannya PSSU.

LANCAR: Ketua KPU RI Arief Budiman (dua dari kiri) dan Komisioner Bawaslu RI Mochammad Affifudin (tiga dari kiri) ikut mengawasi jalannya PSSU. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya melakukan penghitungan surat suara ulang (PSSU) pada tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Surabaya di kantor KPU Surabaya, Jalan Adityawarman, Surabaya, Senin (12/8). Kegiatan PSSU ini langsung diawasi komisioner KPU RI dan Bawaslu RI.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan pelaksanaan PSSU ini berjalan sesuai perintah Mahkamah Konstitusi. Mulai dari pengecekan, hitung ulang, kemudian dituangkan dalam berita acara. “Jadi, nanti tinggal dimasukkan dalam rekap di DAA1 dan DA1,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifudin mengatakan, perubahan data dilakukan pada form DAA 1 (desa/kelurahan). KPU Surabaya diminta memikirkan kembali potensi kecurangan di tingkat kelurahan ini.

“Dari sisi penghitungan memang ada pergeseran di tingkat desa/kelurahan. Langkahnya kami akan mengawasi dan membetulkan hasil PSSU ini. Hasil penghitungan ini bisa jadi mengoreksi, bahkan bisa jadi yang lainnya,” kata Afifudin.

Sementara itu, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengaku belum bisa menyimpulkan apakah kesalahan tersebut ada di tingkat TPS atau tidak. Hanya, yang pasti, C1 hologram yang lama itu sama persis dengan perolehan suara yang dihitung pada PSSU. Kecuali TPS 50 yang ada penambahan satu suara untuk Partai Golkar.

“Pergeseran antarcaleg dari C1 yang lama dengan hasil penghitungan ulang hampir tidak ada. Kalau ada pergeseran akan kita lihat pada proses berjenjang berikutnya, sehingga kita bisa menyimpulkan perubahan ada di sana,” jelasnya. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia