Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dianggarkan Rp 15 M, Forkopimda, Polsek dan Koramil Dapat Mobdin Baru

12 Agustus 2019, 00: 26: 39 WIB | editor : Wijayanto

ANYAR: Jajaran mobil baru untuk forkopimda dari Pemkab Gresik.

ANYAR: Jajaran mobil baru untuk forkopimda dari Pemkab Gresik. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dan DPRD Kabupaten Gresik sepakat untuk mengganti mobil baru untuk Ketua DPRD Gresik dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dalam Perubahan APBD (P-APBD) 2019, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk pembelian sejumlah mobil. Selain mobil Ketua DPRD Gresik dan Forkopimda, anggaran tersebut juga untuk mobil dinas Polsek dan Koramil.

Rinciannya, untuk Polsek dan Koramil ada 50 unit mobil baru yang akan dibeli dengan anggaran Rp 12 miliar. Mobil yang disiapkan untuk Polsek dan Koramil sejenis avanza, ertiga atau Xpander. 

Sedangkan untuk Forkopimda, rencananya yang dapat mobil baru yakni Ketua DPRD Gresik, Kajari Gresik, Kapolres Gresik, Ketua PN serta Dandim 0817 Gresik. Anggaran yang disiapkan sekitar Rp 3 miliar. 

Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkab Gresik Sukardi membenarkan adanya anggaran untuk mobil Polsek, Koramil dan Forkopimda. Namun pihaknya belum bisa memastikan apakah disetujui atau tidak. “Tadi ada rapat finalisasi di dewan,” ungkap dia.

Yang pasti, lanjut dia, untuk mobil-mobil tersebut statusnya pinjam pakai. Bukan hibah. “Jadi tetap aset pemerintah daerah,” imbuhnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Moh Syafi’ AM mengatakan untuk rencana pengadaan mobil tersebut telah disetujui. Anggarannya sekitar Rp 15 miliar sampai Rp 17 miliar. “Iya tadi sudah difinalisasikan,” katanya.

Untuk mobil Polsek dan Koramil tujuannya memang untuk meningkatkan kinerja mereka. Kalau untuk Forkopimda memang terkait usia mobil yang sudah 5 tahun. “Ya untuk meningkatkan layanan dari Polsek dan Koramil. Katanya untuk Babinsa dan Babinkamtibmas,” imbuh dia. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia