Kamis, 22 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

BPJS-TK Tegaskan Pencairan Klaim Bebas Biaya Administrasi

11 Agustus 2019, 20: 07: 20 WIB | editor : Wijayanto

TANPA POTONGAN : Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Dini Mulyani (tiga kanan) menyerahkan secara simbolis santunan kepada ahli waris di PT. Karunia Alam Segar Gresik.

TANPA POTONGAN : Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Dini Mulyani (tiga kanan) menyerahkan secara simbolis santunan kepada ahli waris di PT. Karunia Alam Segar Gresik. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pekerja yang terdaftar dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya administrasi apapun dalam pencairan klaim program Jaminan sosial. Sebab, BPJS-TK Cabang Gresik menegaskan pencairan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun (JPn) bebas biaya administrasi. 

Seperti yang dialami Ifatul Ni’mah, ahli waris dari Moch Anwar. Dia baru saja menerima JKK atas meninggalnya sang suami dalam kecelakaan kerja. JKK yang diterima tidak tanggung-tanggung mencapai Rp 115 juta.

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Dini Mulyani menegaskan, pihaknya membebaskan biaya administrasi terhadap semua pencairan klaim pada empat program jaminan sosial BPJS-TK.

“Kami juga memberikan perawatan tanpa batas biaya sesuai kebutuhan medis saat terjadi kecelakaan kerja, santunan upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48 kali upah, bantuan beasiswa untuk satu orang anak dan biaya pemakaman jika meninggal dunia,” tegas Dini di sela penyerahan santunan JKK ke ahli waris Moch Anwar, Kamis (8/8).

Lebih lanjut Dini mengungkapkan, hal ini disampaikan guna merespons kekhawatiran masyarakat atas informasi yang menyebut bahwa BPJS-TK membebankan biaya administrasi atas pencairan klaim pesertanya. 

Oleh sebab itu, agar informasi yang diterima akurat dan tidak membingungkan, dia berharap dalam mencairkan klaim, masyarakat atau ahli waris diminta datang sendiri ke kantor BPJS-TK Gresik dan tidak diwakilkan. 

“Hingga saat ini masih banyak masyarakat beranggapan klaim BPJS Ketenagakerjaan sangat susah dan ribet. Padahal pengurusan klaim sangat mudah dan cepat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ifatul Ni’mah mengucapkan terimakasih atas kecepatan dan kehandalan BPJS-TK dalam mencairkan klaim yang menjadi hak suaminya.

Menurutnya, sejak pendaftaran klaim hingga dana diterima, dia tidak dikenakan biaya administrasi sepeserpun.

“Prosesnya sangat mudah tidak ada calo dan tidak ada pungli. Dana saya terima sesuai dengan perhitungan akurat dari BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Ifatul Ni’mah. 

Sekadar informasi, Moch Anwar merupakan salah satu karyawan borongan PT. Aji Jaya Raya Gresik yang bertugas sebagai cleaning service di kawasan pabrik PT. Karunia Alam Segar. (fir/jay) 

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia