Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Kepergok Curi 3 HP di Kedamean, Pencuri Dihajar Warga Motornya Dibakar

11 Agustus 2019, 07: 45: 38 WIB | editor : Wijayanto

NEKAT: Tersangka Eko Sutiono dengan barang bukti 3 HP yang dicuri di Polsek Kedamean.

NEKAT: Tersangka Eko Sutiono dengan barang bukti 3 HP yang dicuri di Polsek Kedamean. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Seorang pencuri dihajar warga Dusun Gading, Desa Sidoraharjo, Kecamatan Kedamean, Jumat malam (9/8). Sebelum ditangkap dan dihajar warga, pelaku Eko Sutiono, 37, warga Kelurahan Kendung RT 2 RW 2, Kecamatan Benowo, Surabaya, sempat memukul korban karena memergoki dirinya mencuri handphone (HP).

Saksi mata di lokasi kejadian menjelaskan, sekitar pukul 18.30, pelaku seorang diri terlihat beberapa kali mengitari Dusun Gading dengan mengendarai sepeda motor.

Setelah itu, pelaku memutuskan berhenti di depan rumah Sukarto 46, warga RT 01 RW 06  Desa Sidoraharjo, Kecamatan Kedamean. Hal itu dilakukan pelaku setelah mengetahui jika rumah korban dalam keadaan terbuka.

HANGUS: Motor milik pelaku pencurian dibakar massa.

HANGUS: Motor milik pelaku pencurian dibakar massa. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Begitu turun, pelaku memarkir motor tak jauh dari rumah korban. Tanpa permisi, pelaku kemudian masuk rumah dan mengendap-endap menyasar kamar korban.

Di dalam kamar korban, pelaku hanya menemukan smartphone yang diletakkan di meja kamar. Ketika pelaku hendak masuk ke kamar lainnya, korban yang baru saja pulang salat Isya di masjid terkejut melihat ada orang asing di dalam rumahnya.

Korban Sukarto sempat menanyakan identitas pelaku. Namun bukannya jawaban yang diterima, korban malah dipukul di bagian wajah oleh pelaku.

Sadar yang dihadapi adalah pencuri, korban berteriak maling. Teriakan itu terdengar warga sekitar yang baru pulang dari masjid.

Tak menunggu waktu lama, warga kemudian mengepung rumah korban dan berhasil menangkap pelaku. Bisa ditebak, malam itu pelaku menjadi sansak hidup. Seluruh bagian tubuhnya dihajar dengan tangan kosong oleh puluhan warga. 

Warga yang geram tidak hanya memberi hadiah bogem mentah. Sepeda  motor pelaku yang terparkir di tepi jalan juga dirusak dan dibakar. Beruntung, tidak lama kemudian patroli Polsek Kedamean tiba di lokasi kejadian.

"Pelaku kami amankan dari amuk warga. Sementara sepeda motor pelaku yang sudah terbakar, kami tunggu sampai padam kemudian kami amankan juga ke mapolsek," kata AKP Nur Amin, Kapolsek Kedamean.

Dalam pemeriksaan, pelaku sempat berbelit saat ditanya aksinya di rumah warga Dusun Gading. Namun setelah ditunjukan barang bukti, pelaku akhirnya mengakui dia telah melakukan pencurian.

Barang bukti yang diamankan di antaranya HP Sony Xperia, HP Xiaomi Note 7, HP Xiaomi dan kotak kardus blender merk Miyako.

"Pelaku kami tahan dan akan kami kenakan pelanggaran Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukumannya bisa 5 tahun," kata mantan Kasat Reskrim Polres Sampang, Madura ini. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia