Kamis, 22 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Sambang Kampung Sosialisasi SSC, Ajak Warga Kembangkan Inovasi

09 Agustus 2019, 17: 35: 44 WIB | editor : Wijayanto

KREATIF: Plt Kepala Dinas DKRTH Kota Surabaya Eri Cahyadi berpose di atas replikas sepeda motor karya warga kampung Tembok Gede Gang III RW 2.

KREATIF: Plt Kepala Dinas DKRTH Kota Surabaya Eri Cahyadi berpose di atas replikas sepeda motor karya warga kampung Tembok Gede Gang III RW 2. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sosialisasi Surabaya Smart City (SSC) 2019 terus dilakukan di berbagai kampung. Kali ini di kawasan Surabaya utara. Tepatnya di Jalan Tembok Gede Gang III dan II, Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan.

Saat sosialisasi berlangsung, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Eri Cahyadi sempat melihat-lihat beberapa karya hasil olahan warga Tembok Gede Gang III. Di antaranya, olahan minuman, handycraft, dan inovasi dari barang-barang bekas.

Di kampung tengah Kota Pahlawan itu, Eri yang juga kepala Bappeko Surabaya itu meminta agar inovasi-inovasi warga tersebut tetap dipertahankan. Sebab, punya nilai jual tersendiri untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. "Yang seperti ini harus dipertahankan. Sebab, kalau hanya sekadar ikut lomba terus selesai, buat apa?" kata Eri Cahyadi di hadapan warga.

Eri juga memberikan beberapa strategi terkait kampung yang masuk dalam kategori smart. Di antaranya, adanya program berkelanjutan sejak mengikuti SSC 2019 hingga selesai kompetisi. Eri juga membeberkan resep agar program yang dicetuskan di tiap kampung dapat menuai hasil maksimal.

"Kalau program Bapak dan Ibu di sini bisa menjadi sesuatu yang beda dari kampung lainnya, maka akan bisa memberi hasil positif. Jadi, dampaknya tidak hanya ke Surabaya saja, tapi ke penghasilan Bapak dan Ibu juga," paparnya.

Usai sosialisasi tentang SSC 2019, Eri kemudian melihat potensi-potensi kreatif lain yang ada di kampung. Sembari blusukan ke gang, dia memberikan beberapa masukkan untuk warga agar menjadikan kampung mereka lebih baik lagi.

Setelah itu, dia bersama rombongan tim SSC 2019 kembali melanjutkan perjalan menuju ke kampung lainnya untuk sosialisasi SSC di kampung Dupak Baru Gang I, Kelurahan Jepara dan Praban Wetan Gang II dan Gang III, Kelurahan Alun-Alun Contong. (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia