Kamis, 22 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya
Putusan MK Berdasar Sengketa Caleg Golkar

KPU Hitung Suara Ulang di 3 TPS di Kecamatan Sukomanunggal dan Sawahan

09 Agustus 2019, 17: 14: 21 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya bakal mengadakan penghitungan surat suara ulang (PSSU) untuk tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Sukomanunggal dan Sawahan. Penghitungan surat suara ulang ini merupakan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya Soeprayitno mengungkapkan, penghitungan surat suara ulang itu dilakukan di TPS 50 Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal, serta TPS 30 dan 31 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan.

"Pada dasarnya kami siap menjalankan putusan MK. Namun, karena kotak dari tiga TPS yang dimaksud sudah ada di gudang, maka waktu pelaksanaannya masih menunggu instruksi KPU RI lewat KPU Jatim,” kata Soeprayitno.

KPU Surabaya sudah mendapat arahan dari Komisioner Divisi Hukum KPU Jawa Timur M. Arbayanto pada saat pembacaan putusan sengketa Pemilu 2019 di MK, Jakarta, Rabu (7/8), agar KPU Surabaya segera mempersiapkan PSSU. Tak hanya itu. Pihaknya juga telah menyiapkan form untuk PSSU.

Soeprayitno menjelaskan, PSSU ini terkait sengketa internal Partai Golkar antara pemohon Agung Prasodjo, caleg DPRD Surabaya, nomor 4, dengan Aan Ainur Rofik, caleg nomor 1. Dalam pertimbangan hukumnya, MK merujuk pada keterangan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Surabaya dan putusan Bawaslu Surabaya Nomor 53 pada 22 Mei 2019.

"Besok (hari ini, Red) kami rapat tentang teknis PSSU yang rencananya dihadiri oleh KPU RI,” katanya.

Sebagai informasi, dalam persidangan di MK, saksi dari KPU Surabaya menyampaikan hasil pembukaan kotak suara dalam rangka menyiapkan bukti ke MK yang disaksikan Bawaslu. Hasilnya, sama dengan permohonan pemohon, yaitu terdapat kesalahan pencatatan perolehan suara berupa pergeseran suara dari caleg nomor urut 2 ke caleg nomor urut 1 di TPS 30 dan 31.

Di TPS 50 terdapat pergeseran suara pemohon caleg di Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal. Ada penambahan perolehan suara bagi caleg Partai Golkar nomor urut 3, yaitu sebanyak 22 suara. Sedangkan penambahan perolehan suara caleg Partai Golkar nomor urut 6 sebanyak satu suara.

Selain itu, penambahan perolehan suara caleg Partai Golkar Nomor urut 8 sebanyak empat suara, serta pengurangan perolehan suara pemohon sebanyak 21 suara, pengurangan perolehan suara caleg Partai Golkar nomor urut 9 sebanyak empat suara.

Karena petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) sudah purnatugas, menurut Soeprayitno, saat penghitungan suara ulang nanti pihaknya mengundang Bawaslu dan kepolisian.  (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia