Kamis, 19 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Pilkades Sembayat Mulai Disidangkan di PTUN

06 Agustus 2019, 08: 13: 46 WIB | editor : Wijayanto

Bacakades Sembayat, Saudji.

Bacakades Sembayat, Saudji. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Gugatan bakal calon kepala desa (bacakades) Sembayat Saudji mulai ditindaklanjuti Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Hari ini, PTUN mulai menggelar sidang perdana kasus pencoretan bacakades mantan napi korupsi yang dilakukan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Sembayat.

“Iya, sudah dapat surat panggilan. Sidang dimulai pada Selasa,” ujar Saudji Bacakades Sembayat, kemarin.

Dikatakan, pihaknya optimis bisa menang dalam proses persidangan di PTUN Surabaya. Sebab, seluruh berkas sudah lengkap. “Kami sangat yakin bisa memenangkan proses gugatan ini,” ungkap dia.

Selain PTUN, saat ini proses judicial review terhadap Perda dan Perbup pelaksanaan pilkades serentak 2019 juga sedang berlangsung di Mahkamah Agung (MA). “Untuk yang judicial review tidak perlu sidang. Mungkin dalam waktu dekat putusannya akan segera keluar,” teragnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Sembayat Rahman hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui telefon seluler, yang bersangkutan mengaku sedang dalam perjalanan.

Sekedar diketahui, bacakades Sembayat Saudji melayangkan gugatan ke PTUN Surabaya setelah dirinya dicoret tidak lolos sebagai calon kades. Pencoretan tersebut ia nilai melanggar aturan yang berlaku. 

Sebab, sesuai dengan permendagri yang baru. Aturan larangan napi korupsi mencalonkan diri sudah dicoret. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia