Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Hospital Tour, Penalkan Rumah Sakit Agar Anak Tak Takut Dokter

04 Agustus 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Hari Anak Nasional: Seorang siswa melakukan pengukuran tinggi badan saat kegiatan Hospital Tour di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan, Sabtu (3/8).

Hari Anak Nasional: Seorang siswa melakukan pengukuran tinggi badan saat kegiatan Hospital Tour di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan, Sabtu (3/8). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sering kali anak-anak rewel ketika diajak periksa ke rumah sakit. Faktornya banyak. Ada yang takut bertemu dengan dokter, takut melihat alat-alat medis. Ketakutan itu bisa jadi disebabkan karena mereka kurang familiar dengan rumah sakit. 

Untuk itulah, Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya menyelenggarakan acara Hospital Tour. Acara ini diselenggarakan untuk mengenalkan rumah sakit sejak dini kepada anak-anak. Harapannya, anak familiar dan tidak ada rasa trauma dengan rumah sakit. "Supaya anak-anak sadar tentang kesehatan sejak dini, jadi kita tunjukkan seperti apa tugas dokter, alat-alatnya. Kita ajak ke dokter gigi, karena banyak sekali anak-anak takut kalau periksa gigi," ujar Kepala Humas RS Adi Husada Undaan Wetan Johan Susanto, Sabtu (3/8).

Ada 100 anak yang diajak untuk hospital tour ini. Mereka adalah anak-anak setingkat SD dan TK yang berada di sekitar rumah sakit. Mereka dibagi beberapa kelompok. Dipandu oleh dua perawat, anak-anak ini diajak keliling ke beberapa ruangan rumah sakit. Mulai dari lobby, poli anak, ruang radiologi, poli gigi dan sebagainya. 

Di masing-masing poli, anak-anak juga berkesempatan berperan menjadi pasien dan mendapatkan pemaparan dari dokter. "Sementara anak-anaknya keliling, orang tuanya kami tinggal di aula untuk mendapatkan pemaparan seputar gizi seimbang untuk anak sekolah," imbuhnya. 

Hospital tour ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Sebelum tur, anak-anak ini juga mengikuti serangkaian kegiatan lain, seperti fashion show dan juga lomba melukis. 

Johan menjelaskan, Adi Husada Undaan Wetan Surabaya merupakan rumah sakit yang memperhatikan ibu dan anak. Bahkan Adi Husada pernah mendapatkan penghargaan dari WHO tentang rumah sakit yang memotivasi ibu hamil untuk menyusui. (is/nur)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia