Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Business Oportunity Industri Kreatif Makin Diminati Kaum Milenial

03 Agustus 2019, 15: 41: 48 WIB | editor : Wijayanto

KREATIF: CEO PT Rhino Indonesia Sukses Herbit (kiri) bersama Zaki Rahman selaku Business Development Wujud Unggul dalam pameran Surabaya Printing Expo 2019 di Grand City Convex.

KREATIF: CEO PT Rhino Indonesia Sukses Herbit (kiri) bersama Zaki Rahman selaku Business Development Wujud Unggul dalam pameran Surabaya Printing Expo 2019 di Grand City Convex. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Perseroan Terbatas (PT) Rhino Indonesia Sukses bersama Wujud Unggul terus agresif mendorong kinerja pelaku eko­nomi kreatif dengan memberi penyegaran di dunia industri kreatif.

Salah satunya dengan menghadirkan produk custom sablon polyflex Rhinotec yang menawarkan berbagai macam kemudahan dalam produksi sablon untuk kaos maupun merchandise dengan meman­faatkan teknologi digital.

Chief Executive Officer (CEO) PT Rhino Indonesia Sukses Herbit menuturkan, saat ini pihaknya terus membuat inovasi dari berbagai macam produk yang dihasilkan dari mesin-mesin Rhino­tec yang dinilai sangat cocok bagi kalangan milenial. Produk ini mampu memberi da­ya tarik ter­sendiri bagi kawula muda yang memulai usaha de­ngan skala produksi kecil mau­pun besar.

“Apalagi ini merupa­kan business opportunity yang sangat besar bagi mereka,” te­rangnya di Surabaya, Kamis (1/8).

Namun demikian, saat ini pihaknya tengah gencar melakukan edukasi produk pada masyarakat umum melalui jari­ngan pemerintahan, usaha mi­kro kecil dan menengah (UMKM) dan segmen khusus yang ber­gerak di industri yang sama gu­na senantiasa mendukung program pemerintah di bidang eko­nomi kreatif.

Sedangkan di Ja­wa Timur, khusus Surabaya, Rhino terus membe­rikan edukasi ke sekolah-se­kolah, khususnya sekolah me­nengah kejuruan (SMK), uni­versitas dan profesional muda maupun pemerintahan.

“Kalau da­ri sekolah sangat antusias. Ada beberapa sekolah yang sudah membeli mesin-mesin kami untuk siswanya agar me­reka tidak hanya belajar tentang desain, tetapi desain itu bisa diaplikasikan ke produk jadi yang akan memberi nilai tambah bagi mereka sendiri,” jelasnya.

Apalagi di kota besar, lanjut Herbit, tren sablon sudah bergeser. Dari yang manual dengan jumlah banyak, kini men­jadi digital dan bisa satuan (custom).

Se­lain itu, saat ini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan tek­nologi dalam menjual pro­duk­nya. Hal ini dinilai menjadi pel­uang besar yang harus terus didorong untuk berkembang.

“Di era milenial seperti saat ini, peluang usaha industri kreatif sangat terbuka lebar dan kami siap memberikan pelati­han dan experience terbaik,” ujarnya.

Demikian pula pada perusahaan-perusahaan baru yang ingin lebih mengenalkan u­sahanya pada masyarakat luas. Menurut Herbit, hal ini dinilai cukup menarik. Pasalnya, tidak hanya perusahaan besar yang membutuhkan pro­mosi, tetapi perusahaan kecil juga aktif melakukan branding.  

“Untuk merchandise memang masih terus kami lakukan pene­trasi. Apalagi pertumbuhan pe­rusahaan kecil maupun besar ini membutuhkan pernak-pernik accessories untuk untuk men­dukung value brand mereka sendiri, dan mereka bisa meng­gunakan produk ini juga,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, geliat per­tumbuhan pelaku industri krea­tif saat ini harus diiringi dengan edukasi yang kuat. PT Rhino Indonesia Sukses dan Wujud Unggul kembali mengundang para pelaku usaha dan calon pengusaha untuk datang dan melihat langsung produk yang akan memberi nilai lebih pa­da gelaran Surabaya Printing Expo 2019 di Grand City Convex mulai 1-4 Agustus 2019 yang kian ramai dipadati pengunjung. (cin/ opi)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia